Seminar Praktikum Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Fisipol UMA

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Medan Area (Fisipol UMA) mengadakan seminar praktikum kepemimpinan pemerintahan di lab Ilmu Pemerintahan kampus Jalan Kolam, Selasa (28/6).

Selain dihadiri para mahasiswa Fisipol UMA seminar ini juga dihadiri murid-murid SMA/SMK sekota Medan. Hadir Wakil Dekan 4 Fisipol UMA Dr DediSahputra, MA, Kepala Program Studi (Ka.Prodi) Ilmu Pemerintahan Khairunnisa Lubis, S.Sos, M.Ipol, Ka.Prodi Ilmu Komunikasi Fisipol UMA Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc, dan kepala lab Khairullah, S.I.K.

Dr Dedi Sahputra, MA dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan seperti seminar praktikum ini penting bagi pengayaan pengetahuan para mahasiswa dan murid-murid sekolah. Belajar sambil melakukan apa yang kita pelajari, menurutnya adalah metode yang cukup efektif dalam proses pembelajaran.

”Learning by doing, apalagi di masa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sekarang ini yang sangat mementingkan output sebagai ukuran keberhasilan proses belajar mengajar, maka melakukan praktik dari teori yang dipelajari adalah sangat penting,” ujarnya.

Sementara Khairunnisa Lubis, S.Sos, M.Ipol mengucapkan selamat atas apa yang telah dilakukan oleh mahasiswa Ilmu Pemerintah yang telah menggelar acara ini. “Saya ucapkan terimakasih atas upaya para mahasiswa sekalian yang telah menggelar acara ini. Selamat seminar praktikum, semoga sukses,” sebutnya.

Narasumber dalam kegiatan ini diisi oleh mahasiswa Ilmu Pemerintahan yaitu Rizky Rianda Sembiring, Faizal Anwar Siregar, Dedi Setiawan, Benny Estrada dan Emaya Sinta. Seminar berlangsung dengan interaktif dengan diskusi dan pertanyaan dari salah satu siswa yang menjadi peserta seminar.

“Bagaimana sistem politik di Indonesia sehingga kita sebagai masyarakat harus ikut serta dalam orientasi politik,” tanya Adinda Sifa Turrahmah.

Para mahasiswa yang menjadi narasumber menjawab pertanyaan tersebut bahwasanya Indonesia menganut sistem politik pemerintahan presidensial dimana adanya pembagian kekuasaan yang pencapaiannya melalui sistem demokrasi.

Sehingga peran masyarakat sangat dibutuhkan dalam penentuan siapa pemegang kekuasaan. “Maka jadilah pemilih pemula yang cerdas dan bijaksana,” katanya.(m05)

Teks;
Kepala Program Studi (Ka.Prodi) Ilmu Pemerintahan Khairunnisa Lubis, S.Sos, M.Ipol, Ka.Prodi Ilmu Komunikasi Fisipol UMA Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc, dan kepala lab Khairullah, S.I.K di tengah para mahasiswa dan murid-murid sekolah sekota Medan yang mengikuti seminar praktikum kepemimpinan pemerintahan di lab Ilmu Pemerintahan kampus Jalan Kolam, Selasa (28/6).

  • Bagikan