1.832 Anggota Satlinmas Amankan Pemilu Serentak Di Banda Aceh

- Aceh
  • Bagikan
1.832 Anggota Satlinmas Amankan Pemilu Serentak Di Banda Aceh
Pemko Banda Aceh menggelar Apel Pasukan Satlinmas dengan melibatkan 1.832 orang anggota Satlinmas dalam rangka pengamanan pemilu serentak 2024, di halaman Balai Kota Banda Aceh, Kamis (08/02/24). (Waspada/T.Mansursyah)

BANDA ACEH (Waspada): Pemko Banda Aceh menggelar apel pasukan Satlinmas dalam rangka pengamanan pemilu serentak yang akan dilaksanakan pada 14 Februari mendatang.

Apel Gelar Pasukan Satlinmas dalam rangka Pemilu Serentak Kamis (08/02/24) itu, dihadiri Forkopimda, Ketua KIP, Ketua Panwaslih, Pj.Sekda, para Asisten, Kepala OPD, para camat, Kapolsek, Danramil, para keuchik se-Kota Banda Aceh, para babinsa dan unsur lainnya.

Selain itu, Apel Gelar Pasukan, itu melibatkan sebanyak 1.832 anggota Satlinmas, yang sekaligus diserahkan kepada Polresta Banda Aceh di Bawah Kendali Operasi (BKO) dalam rangka pemilu serentak tersebut.

Dari jumlah anggota Satlinmas sebanyak 1.832 orang yang ikut apel gelar pasukan dapat dirinci, terdiri, 25 orang Satlinmas kota, 90 orang Satlinmas Kecamatan, 512 orang Satlinmas Gampong, dan 1.236 Satlinmas TPS sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pj. Wali Kota Banda Aceh Amiruddin dalam arahannya mengatakan, Apel Gelar Pasukan dalam rangka pemilu serentak, itu bertujuan untuk menjamin kesiapan seluruh anggota Satlinmas untuk melaksanakan tugas pengamanan di setiap TPS pada 14 Februari mendatang.

1.832 Anggota Satlinmas Amankan Pemilu Serentak Di Banda Aceh

Amiruddin berharap apel ini dapat meningkatkan kapasitas, disiplin, dan semangat pelayanan Satlinmas di Banda Aceh serta merupakan wujud nyata kebersamaan dan komitmen untuk menjaga keamanan, ketertiban, serta memberikan perlindungan bagi seluruh masyarakat Kota Banda Aceh.

“Saya percaya, bahwa saudara-saudara merupakan warga terbaik yang telah memenuhi seluruh persyaratan yang ditetapkan. Kami optimis Satlinmas Banda Aceh akan memberikan pelayanan terbaik,” ujarnya.

Jaga Netralitas

“Tak lupa, saya juga ingin mengingatkan para penyelenggara pemilu untuk tetap menjaga netralitas. Kita memiliki tanggung jawab yang sangat besar untuk mengedepankan prinsip netralitas dalam setiap tindakan dan keputusan yang kita ambil. Oleh karenanya, Netralitas harus kita junjung tinggi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita sebagai penyelenggara pemilu,” pinta Amiruddin.

Kata Amiruddin, Pemilu 2024 di Kota Banda Aceh akan diselenggarakan di 618 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 90 gampong dalam sembilan kecamatan.

Selain itu, melibatkan pemilih sebanyak 81.205 orang laki laki dan 87.941 orang perempuan dengan total pemilih 169.146 orang yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Untuk itu, Satlinmas memiliki tanggungjawab yang besar dalam penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban dibarisan terdepan. Satlinmas pula menjadi penyelesaian gangguan keamanan yang paling diandalkan.

Sebab, kata Amiruddin, Satlinmas memiliki ikatan emosional yang dekat dengan masyarakat setempat, yang bertugas dilingkungan tempat tinggalnya sendiri, demikian Amiruddin.(b02)

  • Bagikan