Cegah Peredaran Obat Sirop, Polres Abdya Datangi Sejumlah Apotek

  • Bagikan
Cegah Peredaran Obat Sirop, Polres Abdya Datangi Sejumlah Apotek

BLANGPIDIE (Waspada): Jajaran Polres Aceh Barat Daya (Abdya), Sabtu (22/10) lalu, mengunjungi sejumlah toko obat dan apotek dalam wilayah ‘Nanggroe Breuh Sigupai’, dalam rangka mewaspadai peredaran dan penggunaan sirop, yang disinyalir berbahaya bagi kesehatan anak-anak.

Kapolres Abdya AKBP Dhani Catra Nugraha SH SIK MH, melalui Kabag Ops AKP Basridar mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam menindak lanjuti himbauan Badan POM RI, mengenai informasi keempat, hasil pengawasan BPOM terhadap sirop obat yang diduga mengandung cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG), yang dikeluarkan pada tanggal 20 Oktober 2022 lalu.

Cegah Peredaran Obat Sirop, Polres Abdya Datangi Sejumlah Apotek
Jajaran Polres Abdya, didampingi pihak terkait lainnya, mendatangi sejumlah toko obat dalam wilayah hukum setempat, untuk mengawasi peredaran obat sirop yang dilarang edar oleh BPOM RI, Sabtu (22/10). Waspada/Syafrizal

Hasil dari kegiatan itu tambahnya, masih banyak ditemukan depot obat dan potek, yang masih memajang obat sirup untuk dipasarkan. Tindak lanjut dari dimaksud katanya, petugas langsung memberikan himbauan kepada pihak depot dan apotek, untuk menarik dan tidak mengedar, atau menjual kepada masyarakat jenis obat sirop, yang termasuk dalam larangan edar dari BPOM RI.

Adapun jenis obat yang telah ditarik dari peredaran sebanyak 5 (lima) jenis merk, berdasarkan himbauan BPOM RI yang hasil pengawasan BPOM terhadap sirop obat yang diduga mengandung Cemaran Etilen Glikol dan Dietilen Glikol.

Obat sirop itu diantaranya, Termorex Sirup (obat demam) Produksi PT Konimex, dengan nomor izin edar DBL7813003537A1. Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu) Produksi PT Yarindo Farmatama, dengan nomor izin edar DTL0332708637A1. Unibebi Cough Sirup (obat batuk dan flu) Produksi Universal Pharmaceutical Industries, dengan nomor izin edar DTL7226303037A1.

Unibebi Demam Sirup (obat demam) Produksi Universal Pharmaceutical Industries, dengan nomor izin edar DBL8726301237A1. Terakhir, Unibebi Demam Drops (obat demam) Produksi Universal Pharmaceutical Industries, dengan nomor izin edar DBL1926303336A1.(b21)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *