Kesadaran Masyarakat Abdya Berlalulintas Membaik

- Aceh
  • Bagikan

BLANGPIDIE (Waspada): Tingkat kesadaran masyarakat pengguna jalan raya di Aceh Barat Daya (Abdya), dalam tertib berlalulintas dinilai kian membaik.

Menurut Kapolres Abdya AKBP Muhammad Nasution SIK, melalui Kasat Lantas Ipda M Muh Berny STrK Kamis (30/6), mulai membaiknya tingkat kesadaran masyarakat dalam berlalulintas itu, diketahui berdasarkan hasil operasi Patuh Seulawah, yang berlangsung selama 14 hari, terhitung sejak Senin (13/6), hingga Minggu (26/6) lalu. “Selama operasi berlangsung, kita lebih mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif dan humanis kepada pengedara,” ungkapnya.

Kasat Lantas Berny mencontohkan, aksi nekat pengendara yang melawan arus, seperti di kawasan Jalan Attqwa, Jalan Pendidikan dan Jalan H Ilyas mulai berkurang. Lalu lintas nampak lebih tertib, macet nyaris tidak ada, kecelakaan juga berkurang. Penggunaan knolpot blong kalangan anak-anak muda juga berkurang. Demikian juga aksi balap liar, yang selama ini diresahkan oleh masyarakat juga mulai reda.

Ditambahkan, dengan seringnya dilakukan upaya penindakan, juga sosialisasi langsung di lapangan terkait tertib lalulintas, kesadaran masyarakat saat berkendara kian membaik. Bahkan dalam operasi yang baru beberapa waktu lalu tuntas dilakukan, pihaknya sangat jarang menemukan pengendara yang melanggar.

Pihaknya berharap, budaya tertib berlalulintas di Abdya, semakin membaik dan angka kecelakaan lalulintas dengan sendirinya bisa diminimalisir. “Sebelumnya, aksi balap liar sudah sangat meresehkan masyarakat, seperti lintasan jalan Ikhue Lhueng-Cot Manee Kecamatan Jeumpa, jalan dua jalur kompleks pendidikan Padang Meurante Kecamatan Susoh, juga beberapa titik lainnya. Alhamdulillah saat ini mulai berkurang. Setiap ada laporan dari masyarakat, langsung kami respon dengan baik, sehingga ada efek jera bagi mereka, yang kerap melakukan aksi balap liar,” urainya.

Terakhir, Berny menyebutkan, dengan membaiknya kesadaran masyarakat saat berlalulintas, bukan berarti tidak ada pelanggaran yang terjadi. Pelanggaran itu tetap ada, namun saat ini pengendara mulai lebih tertib. “Upaya sosialisasi dan penertiban lalulintas, tetap terus dilakukan guna meminimalisir terjadinya kecelakaan lalulintas,” demikian Kasat Lantas Berny.(b21)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *