RSUD Aceh Besar Raih Akreditasi Paripurna Dari LARS-DHP

  • Bagikan
Surat keterangan perolehan akreditasi dengan Nomor : 0326.SKH-AKRE.XII.2023, Aceh Besar, Rabu(27/12). (Waspada/Ist)
Surat keterangan perolehan akreditasi dengan Nomor : 0326.SKH-AKRE.XII.2023, Aceh Besar, Rabu(27/12). (Waspada/Ist)

KOTA JANTHO (Waspada): Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Aceh Besar berhasil meraih Akreditasi Paripurna, predikat tertinggi pada penilaian akreditasi yang dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARS-DHP).

“Dengan perolehan akreditasi Nomor : 0326.SKH-AKRE.XII.2023, maka kualitas layanan di RSUD Aceh Besar juga sudah memenuhi standar pelayanan yang telah ditetapkan Pemerintah,” sebut dr Susi Mahdalena, MKM, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Aceh Besar, Rabu (27/12).

Ia mengatakan, penilaian akreditasi dilakukan melalui survei yang diselenggarakan oleh LARS-DHP selama tiga hari. Survei dilaksanakan melalui dua metode, yakni secara daring untuk telusur dokumen dilaksanakan pada 16 Desember 2023, sedangkan secara luring dilaksanakan pada tanggal 18-19 Desember 2023 untuk melihat langsung sarana dan prasarana RSUD Aceh Besar.

RSUD Aceh Besar Raih Akreditasi Paripurna Dari LARS-DHP
Pelaksana tugas (Plt) RSUD Aceh Besar dr Susi Mahdalena, MKM, Aceh Besar, Rabu (27/12). (Waspada/Ist)

“Artinya standar operasional prosedur (SOP) yang kami buat itu sesuai dengan penilaian Akreditasi,” katanya.

Kemudian, untuk mencapai Akreditasi Paripurna khsususnya pelayanan, ada lima belas standar yang dinilai. Dari lima belas standar tersebut dibagi menjadi dua diantaranya tujuh standar di manajemen dan delapan standar di pelayanan.

“Alhamdulillah, dari 15 standar tersebut, RSUD Aceh Besar memenuhi semua dari kriteria akreditasi,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, dari hasil penilaian tersebut, RSUD Aceh Besar mendapat hasil survei yang sangat memuaskan karena seluruh dokumen mendapatkan nilai 95 persen.

“Jadi, pencapaian ini mencerminkan bahwa RSUD Aceh Besar berhasil dan selalu berusaha memberikan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar mutu yang telah ditetapkan oleh Pemerintah,” ungkap Susi.

Dengan predikat tersebut, maka pihaknya berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, dengan memberika pelayanan sesuai standar operasional prosedur rumah sakit.

“Oleh karena itu, ia meminta kepada seluruh jajaran RSUD untuk mempertahankan predikat ini, selain itu juga meningkatkan kerja sama dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas,” pungkas  Susi Mahdalena. (b05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *