Unik, 1000 Lemang Rayakan Maulid  Di Dayah Sufi Muda Nagan Raya

  • Bagikan

NAGAN RAYA (Waspada): Menyambut 12 Rabi’ul Awal,  Dayah Sufi Muda Nagan Raya melaksanakan Maulid Akbar yang unik, selain hidangan yang disediakan  juga membakar  1000 lemang di dayah tersebut.

aulid yang diikuti ribuan jamaah rayakan  Maulid Nabi Muhammad SAW  seluruh jamaah tarekat Naqsabandiyah AlKhalidiyah murid dari Abuya Sayyidi Syekh Ahmad Sufi Muda yang datang dari 23 kabupaten/kota di Aceh, juga dari luar Aceh, seperti Sumatera Utara, Binjai, Siantar, Tapanuli Utara, Lombok Barat, Kota Pariaman, Solo, Bangka Belitung, Kalimantan Selatan, Jakarta dan Malaysia.

Ketua Panitia Saifuddin menyebutkan,peserta yang mengikuti Maulid Akbar 1000 lemang ini dibagi dalam 7 kontingen diantaranya, kontingen satu Aceh Timur, Langsa, Aceh Tamiang, Medan, Bogor, Binjai, Siantar,Tapanuli Selatan, Jakarta dan Malaysia. Kontingen  dua, Banda Aceh, Aceh Besar  Sabang, Kendari, Kolaka, Kontingen Tiga, dan Aceh Jaya.

Kontingen empat : Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Subulussalam, Aceh Singkil, Aceh Tenggara,Kontingen lima Nagan Raya dan Lombok Barat.

“Kontingen enam, Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Utara,Bireuen, Lhokseumawe, Pidie Jaya, Pidie, Bangka Belitung dan  Kontingen tujuh, Aceh Barat, Sinabang,” sebut Saifudin Minggu (9/10) kepada Waspada.id.

Saifudin menjelaskan, setiap peserta membawa sendiri semuakeperluan dan bekal untuk bakar lemangnya, seperti buluh (bambu) dan lain -lain, sehingga lemang yang dibakar berjumlah 1000 lemang. Semuanya dalam Maulid ini  sangat bersemangat kita lihat.

‘’ Ini lah bentuk kegembiraan kita dalam merayakan kelahiran Rasulullah, Nabi Muhammad SAW,’’ jelas Saifudin.

Aji salah satu peserta mengaku sangat senang dan mengapresiasi, dengan adanya kekompakan ini sehingga Maulid yang dilaksanakan di Dayah Sufi Muda ini banyak hal yang harus diambil dari hikmah baik itu akidahnya dan lain sebagainya.

Ia berharap agar kegiatan seperti ini  dapat terus dilaksanakan setiap di hari- haribesar Islam. “Karena ini suatu kehormatan bagi umat Islam dalam menyambut MaulidBaginda rasulullah SAW,’’ harap Aji (b22

Foto: 1000 Lemang dalam perayaan Maulid Akbar di Daya Sufi Muda Nagan Raya, Minggu (9/10).(Waspada/Muji Burrahman)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *