OJK Bersama BRI Dan Pemkab DS Majukan Desa Wisata Pematang Johar

  • Bagikan
Penandatanganan MoU antara Sekda Kabupaten Deli Serdang Timur Tumanggor dan Regional CEO BRI Medan Aris Hartanto, disaksikan Kepala OJK Regional 5, Bambang Mukti Riyadi, pada acara Program Inkubasi Ekosistem Keuangan Inklusif di Desa Wisata Sawah Pematang Johar, Kabupaten Deli Serdang, Rabu (9/8).
Penandatanganan MoU antara Sekda Kabupaten Deli Serdang Timur Tumanggor dan Regional CEO BRI Medan Aris Hartanto, disaksikan Kepala OJK Regional 5, Bambang Mukti Riyadi, pada acara Program Inkubasi Ekosistem Keuangan Inklusif di Desa Wisata Sawah Pematang Johar, Kabupaten Deli Serdang, Rabu (9/8).

DELISERDANG (Waspada): Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 5 Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) menggandeng BRI dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang berkolaborasi memajukan Wisata Sawah di Desa Pematang Johar.

Kolaborasi tersebut ditandai dengan dilakukannya penandatanganan MoU antara BRI dengan Pemkab DS oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Deli Serdang H. Timur Tumanggor, S.Sos, M.AP dan Regional CEO BRI Medan Aris Hartanto dan disaksikan Kepala OJK Regional 5, Bambang Mukti Riyadi, pada acara Program Inkubasi Ekosistem Keuangan Inklusif di Desa Wisata Sawah Pematang Johar, Kabupaten Deli Serdang, Rabu (9/8).

Kepala OJK Regional 5, Bambang Mukti Riyadi mengatakan, kolaborasi antara OJK, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) sangat dibutuhkan untuk memajukan Desa Pematang Johar terkait dengan wisata di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

“Ini yang selalu kami upayakan, ada 7 Desa sebagai pilot projek di Sumut,” kata Bambang Mukti Riyadi.

Bambang menyebutkan, OJK mengusung 3K (Komitmen, Kolaborasi dan Berkelanjutan) yang diharapkan tidak berhenti hanya sekedar seremoni belaka. Karenanya jika ada masyarakat Desa Pematang Johar berkeinginan untuk terus maju mengembangkan usahanya maka bisa disampaikan kepada OJK KR 5.

Kehadiran OJK di Desa Wisata Pematang Johar, lanjutnya, dalam rangka percepatan akses keuangan untuk masyarakat Provinsi Sumatera Utara agar lembaga keuangan yang ada bisa bermanfaat bagi masyarakat desa.
Bambang juga mengapresiasi Kepala Desa Pematang Johar, Sudarman karena berhasil memberdayakan kaum ibu dalam kegiatan yang lebih produktif.

”Saya bahagia sekali Pak Kades karena masyarakatnya aktif, tapi saya harapkan ini bisa berkelanjutan karena konteks kerja sama kita itu 3K,” ujar Bambang.

Sementara itu, Sekdakab DS, H. Timur Tumanggor dalam sambutannya mengatakan, dalam rangka percepatan akses keuangan Pemkab Deli Serdang hadir di tengah-tengah masyarakat Pematang Johar dalam rangka mengembangkan Desa Wisata karena merupakan salah satu tugas pokok dan tanggungjawab Pemkab Deli Serdang dan lembaga yang hadir pada acara tersebut.

“Di kabupaten Deli Serdang ada 9 Desa Wisata, 3 diantaranya mengandalkan wisata sawah, sisanya mengandalkan wisata sungai, gunung dan lainnya. Mungkin ini lebih mudah bagi tim untuk percepatan akses keuangan terhadap salah satu desa unggul Pematang Johar,” kata Timur.

Sebelumnya Regional CEO BRI Medan Aris Hartanto menjelaskan, pihaknya telah menyalurkan pinjaman sebesar Rp43,9 triliun di Sumut per Juli 2023. Adapun 76,9 persen dari peminjam merupakan pelaku UMKM.

“Kami mendukung 716 kluster UMKM sebanyak 4.800 orang, kami turut mengembangkan 119 desa pilihan binaan. Ini sebagai wujud agar pelaku UMKM di desa-desa dapat menciptakan ekosistem keuangan inklusif,” jelas Aris. (m31)

  • Bagikan