Shell Eco-marathon tahun depan tetap di Sirkuit Mandalika Lombok

  • Bagikan
Shell Eco-marathon tahun depan tetap di Sirkuit Mandalika Lombok

MANDALIKA, ( Waspada); Shell Eco Marathon tahun depan tetap diadakan, Nantinya ajang balap mobil hemat energi tersebut akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hal itu dibenarkan langsung oleh Global General Manager Shell Eco Marathon Norman Koch. Dirinya memastikan bahwa Pertamina Mandalika International Street Circuit tetap menjadi tuan rumah.

Norman Koch menjelaskan pihaknya bakal menargetkan lebih banyak tim atau peserta pada Shell Eco Marathon 2023. Tak hanya itu, pihak penyelenggara juga berharap mengundang lebih banyak negara lain.

“Prediksi untuk tahun depan, kami berharap ada antara 80 dan 100 tim tahun depan. Dan kami mengharapkan sekitar 15 negara,” kata dia saat hadir dalam gelaran Shell Eco Marathon di Sirkuit Mandalika hari ini, Jumat, 14 Oktober 2022.

Manager Shell Eco-marathon Norman Koch mengatakan, gelaran Shell Eco-marathon (SEM) memiliki peran dalam perkembangan kendaraan berbahan energi bersih di dunia. Pihaknya mencatat, dalam lima tahun terakhir tren penggunaan listrik sebagai bahan bakar kendaraan selalu meningkat.

Saat ini, sebanyak 50 persen peserta SEM secara global menggunakan baterai listrik, 40 persen menggunakan bahan bakar internal combustion engine (ICE), dan hanya 10 persen yang menggunakan hidrogen.

“Dan kekuatan (tren positif) itu akan terus berlanjut. Jadi ketika anda bertanya kepada saya apa yang akan kita miliki dalam lima tahun, kita mungkin hanya memiliki 10 sampai 20 persen sisa pembakaran internal,” kara Norman dalam media gathering di Sirkuit Mandalika, Jumat (14/10).

Kita akan memiliki lebih banyak baterai listrik dan kita akan secara bertahap meningkatkan hidrogen juga.

Lebih lanjut dirinya mengaku yakin bahwa sejumlah tim peserta Shell Eco Marathon tahun depan bakal terkendali dalam hal finansial. Karena menurutnya hal itu sangat penting untuk merancang mobil.

Shell Eco-marathon tahun depan tetap di Sirkuit Mandalika Lombok

“Sekarang kami merasa jauh lebih percaya diri untuk tahun depan, tetapi tentu saja saat ini (pandemi) dalam keadaan terkendali. Kami merasa yakin bahwa tahun depan banyak tim akan dapat bekerja dengan biaya mereka, karena itu adalah hal utama,” ujar dia.

“Ini adalah proyek sepanjang tahun dari September hingga Juli, pengerjaan mobil untuk merancang, mencoba, menguji, membangun, mengirim. Dan itu semua butuh uang. Mereka perlu melakukan penggalangan dana sendiri,” tutup dia.

Negara-negara global tengah berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Salah satu jalan yang ditempuh adalah bagaimana kendaraan berbahan bakar energi bersih didorong untuk menggantikan kendaraan berbahan bakar fosil, yang notabene menjadi salah satu penyumbang emisi karbon terbesar saat ini.
“Jadi filosofi kami adalah mari tingkatkan efisiensi setiap drive train yang ada karena itulah yang terbaik yang bisa kita lakukan untuk menurunkan emisi CO2 dengan segera,” sambungnya lagi.

Begitu Peran Shell Eco-marathon pada Kemajuan Teknologi Kendaraan Energi Bersih.(m28)

Shell Eco-marathon tahun depan tetap di Sirkuit Mandalika Lombok
  • Bagikan