Pj Gubsu Dan Kapoldasu Monitor Pencarian 11 Korban Longsor Humbahas

  • Bagikan
Pj Gubsu Dan Kapoldasu Monitor Pencarian 11 Korban Longsor Humbahas
Pj Gubsu Mayjen (Purn) bersama Kapoldasu Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi meninjau langsung pencarian korban bencana longsor di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Humbahas. Waspada/Ist

DOLOKSANGGUL (Waspada): Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Mayjen (Purn) Hasanuddin bersama Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu) Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi turun ke lokasi longsor di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Humbang Hasundutan (Humbahas), Minggu (3/12).

Pantauan wartawan, kedatangan Pj. Gubsu dan Kapoldasu itu untuk melihat dan memastikan secara langsung kesiapsiagaan tim gabungan yang melakukan proses pencarian korban diduga tertimbun material longsor. Tim gabungan tadi terdiri unsur TNI, Polri, Basarnas Sumut (SAR K9), BPBD, dan lainnya.

Pj Gubsu Dan Kapoldasu Monitor Pencarian 11 Korban Longsor Humbahas

Pj Gubsu dan Kapoldasu bersama rombongan juga mengunjungi posko pengungsian warga yang terdampak bencana alam longsor. Disana Pj. Gubsu, didampingi Kapolda memberikan bantuan dan penghiburan.

Kapolres Humbahas, AKBP Hary Ardianto melaporkan, pasca kejadian, pihaknya dari jajaran Polres Humbahas langsung turun ke lokasi melakukan siaga dan memberikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat, serta menjaga keamanan dan ketertiban arus lalulintas yang melintasi jalan darurat atas longsor tersebut.

Dia menambahkan Polres Humbahas menerjunkan 200 personel gabungan di titik longsor untuk membantu pencarian korban yang belum ditemukan. Petugas polisi juga terapkan sistem buka tutup pada jalur alternatif.

Bupati Humbahas melalui Kadis Kominfo, Batara Siregar kepada Waspada mengatakan, sejauh ini (hari kedua), pihaknya bersama tim gabungan tetap berupaya maksimal melakukan pencarian korban hilang yang diduga tertimbun lonngsor. “Selain personel gabungan, kita juga sudah menurunkan 11 alat berat jenis ekskavator beserta anjing pelacak dari Poldasu untuk melakukan pencarian,” ujarnya.

Pj Gubsu Dan Kapoldasu Monitor Pencarian 11 Korban Longsor Humbahas

Batara mengakui, saat ini, akses jalan yang tertimbun material longsor belum bisa kembali normal. Kendala di lapangan, material longsor merupakan bongkahan batu besar serta lumpur menyulitkan normalisasi dan upaya pencarian korban. Pun demikian, pihaknya tetap bekerja dan berupaya maksimal.

Dia menambahkan, hari kedua pencarian 11 korban dihadiri langsung Pj. Gubsu Mayjen (purn), Kapoldasu Irjen Pol. Agung Setya Imam Effendi, Kapoksahlin Kodam1/BB Brigjen D.Hutagaol, Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto, Dandim 0210/TU Letkol Infanti Shaiful Rijal, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Wakil Bupati Oloan Nababan, Para Pimpinan OPD Pemprovsu, Pimpinan OPD Pemkab Humbahas, Para PJU Polres Humbahas dan lainnya. (cas/a08)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *