BBPPMPV BBL Gelar Rakor Teknis Persiapan Pelaksanaan Diklat

  • Bagikan

MEDAN (Waspada):  Guna meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM), Balai Besar Pengembangan Penjamin Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Bangunan dan Listrik (BBPPMPV BBL) menggelar Rapat kordinasi (Rakor) Teknis Persiapan Pelaksanaan Diklat Tahun 2022 berlangsung 8 s/d 10 Juni di Le Polonia Hotel.

Peserta hampir 80 orang dari berbagai instansi termasuk dari media.

Dalam paparannya, Kepala Balai Besar Pengembangan Penjamin Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Bangunan dan Listrik (BBPPMPV BBL) Drs. Rasoki Lubis MPd, Rabu (8/6) menyebutkan, salah satu upaya untuk mengembangkan kesiapan menghadapi globalisasi ialah dengan pengembangan Sumber Daya Manusia melalui pendidikan.

Lebih lanjut Rasoki menyebutkan, Pendidikan merupakan upaya strategis pengembangan sumber daya manusia, selayaknya dikembangkan kualitasnya secara berkesinambungan.

“Berbagai kebijakan pemerintah di dalam bidang pendidikan telah banyak dikembangkan untuk mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan. Kualitas dan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) merupakan faktor yang sangat penting bagi keberhasilan upaya meningkatkan mutu pendidikan khususnya yang terkait dengan pembelajaran, yang diawali dengan memperbaiki mutu kegiatan pembelajaran,” katanya.

Apalagi, kata dia Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan Pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi.

Dia menambahkan tujuan dari kegitan ini, sebagai informasi kegiatan diklat tahun 2022 di BBPPMPV Bidang Bangunan Listrik yang mencakup Sturktur diklat, syarat menjadi peserta diklat dan teknik pelaksanaan diklat (daring, luring dan blended).

Sedangkan hasil yang dicapai Diklat peningkatan kompetensi kepala sekolah. Diklat peningkatan kompetensi pengawas. Upskilling guru kejuruan. Diklat peningkatan kompetensi tenaga administrasi SMK.

Dalam kegiatan peserta sangat antusias mengikuti kegiatan dan memberi masukan seperti disampaikan Nasirman peserta, bahwa diperlukan jurusan di SMK disesuaikan dengan kebutuhan kerja, misalkan bidang konstruksi pembangunan jalan yang bisa menggunakan jasa lulusan SMK.

Turut memberikan sambutan ketua panitia kegiatan,Drs Eko Hariyanto, S.ST. (m22)

Waspada/Anum Saskia
Kepala Balai Besar Pengembangan Penjamin Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Bangunan dan Listrik (BBPPMPV BBL)Drs. Rasoki Lubis MPd usai penyematan tanda peserta.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *