Sekjen DPR RI: Maksimalkan Potensi Zakat ASN

  • Bagikan
Sekjen DPR RI: Maksimalkan Potensi Zakat ASN
Sekjen DPR RI Indra Iskandar saat menghadiri rapat kerja UPZ Baznas Setjen DPR RI Tahun 2024 bersama BAZNAS RI di Jakarta, Selasa (23/1/2024). (ist)

JAKARTA (Waspada): Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar mendorong Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sekretariat Jenderal DPR RI memaksimalkan potensi zakat Aparatur Sipil Negara (ASN) sehingga sebaran penerima manfaat akan lebih banyak dan luas dengan dana yang ada.

“Potensi zakat di lingkungan ASN Setjen DPR harus dimaksimalkan di tahun 2024 ini. Seharusnya kita bisa mencapai minimal 30-50 persen dari total potensi Rp13 miliar, sehingga sebaran penerima manfaat zakat itu akan lebih banyak dan luas lagi dengan dana yang ada,” kata Indra Iskandar usai membuka rapat kerja UPZ Baznas Setjen DPR RI Tahun 2024, bersama BAZNAS RI, Selasa (23/1/2024),di Jakarta.

Indra Iskandar menjelaskan bahwa potensi yang ada jika dihitung di kalangan ASN dengan total pegawai sekitar 1500 orang, bisa mencapai Rp3 miliar, sedangkan dari para tenaga ahli yang jumlahnya sekitar 4000-an orang, maka bisa didapat sekitar Rp10 miliar.

“Pada tahun 2024 ini perlu juga ditingkatkan kerajinan dan inovasi agar para Muzakki ini terus diperluas jangkauannya dengan potensi yang ada di kalangan ASN. Bagaimana kita bisa mengimbau agar teman-teman pegawai di Sekretariat Jenderal DPR RI mau membayar zakat di UPZ Baznas Setjen DPR RI,” imbuhnya.

Di sisi lain, Indra Iskandar mengungkapkan rasa bangganya dengan capaian UPZ Baznas Setjen DPR RI di tahun 2023 yang mendapat penghargaan sebagai ‘The Rising Star’ dari BAZNAS RI.

” Mungkin ini dilihat berbagai upaya dari teman-teman di UPZ Baznas Setjen DPR RI yang sangat serius dan sistematis, terus menggali berbagai potensi zakat di lingkungan Sekretariat Jenderal DPR RI,” pungkas Sekjen DPR RI Indra Iskandar

Sementara itu, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan menilai UPZ Baznas Setjen DPR RI perlu menyertakan strategi pengumpulan zakat dalam rapat kerja tahun 2024 ini, sehingga rencana perluasan pengumpulan dan penyaluran zakat dapat berjalan optimal.

“Potensi zakat yang cukup besar perlu strategi pengumpulan zakat dengan perluasan Muzakki meliputi para ASN, tenaga ahli bahkan anggota dewan. Dengan bertambahnya para pembayar zakat diharapkan dapat memberikan banyak manfaat kepada masyarakat luas, tukasnya.

Rapat kerja unit pengumpul Zakat Baznas Setjen DPR RI ini juga dihadiri Deputi Administrasi Sumariyandono, Deputi Persidangan Suprihartini, Kepala Badan Keahlian Inosentius Samsul, Plh Inspektur Utama Mohammad Djazuli, Ketua UPZ Baznas Setjen DPR RI Indra Pahlevi (Kepala Biro Pemberitaan DPR) serta para Kepala Biro dan Kepala Bagian di lingkungan Sekretariat Jenderal DPR RI. (rel/J05).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *