Wujudkan 3 Pilar Mantap, Bank Mandiri Taspen Luncurkan Komunitas Mantap Indonesia dan Gandeng Klikdokter, Bukalapak serta TIKI

  • Bagikan

JAKARTA, ( Waspada); PT Bank Mandiri Taspen terus berinovasi dalam memberikan memberikan manfaat ekonomi dan sosial untuk kepentingan masyarakat dan nasabah khususnya pensiunan. Satu diantaranya dengan meresmikan Komunitas Mantap Indonesia (KMI) yang akan menjadi wadah silaturahmi para pensiunan sekaligus bentuk kepedulian Bank Mandiri Taspen kepada para nasabahnya.
Dalam kesempatan yang sama, Bank Mandiri Taspen juga menggandeng dua flatform digital, KlikDokter dan Bukalapak serta TIKI dalam mewujudkan 3 pilar Mantap.
Direktu Utama Bank Mandiri Taspen Elmamber Petamu Sinaga mengatakan, Grand Launching KMI merupakan Implementasi dari 3 Pilar Mantap Indonesia yakni Pilar Mantap Sehat, Mantap Aktif & Mantap Sejahtera. KMI, lanjutnya, juga merupakan wadah silaturahmi yang dibentuk Bank Mandiri Taspen sebagai bentuk kepedulian terhadap pensiunan.
“Melalui program ini diharapkan dapat tercipta pensiunan yang sehat, aktif dan sejahtera sehingga para pensiunan dapat tetap bahagia dalam berkegiatan atau bahkan menghasilkan pendapatan tambahan meskipun sudah pensiun,” ujar Elmamber disela acara grand lauching KMI, di Gedung Graha Mantap, Senin, 29 Mei 2023.
Acara grand launching KMI ini dihadiri oleh 50 orang anggota dari KMI Jakarta. Dengan hadiran KMI, para pensiunan dapat berkumpul, melakukan kegiatan positif dalam program 3 Pilar Mantap Indonesia, sehingga pensiunan tetap dapat sehat, aktif dan sejahtera di masa pensiun.
Elmamber menjelaskan, tujuan pembentukan KMI antara lain guna menciptakan wadah untuk nasabah berkumpul, bersilaturahmi, bersosialisasi agar masa pensiun tetap sehat, aktif dan sejahtera. Kemudian mendukung program pemerintah untuk menjadikan produktivitas dan kesehatan lansia sebagai prioritas nasional.
Selain itu, KMI bertujuan agar para pensiunan dapat melakukan kegiatan bersama dalam berbagai kegiatan yang positif. KMI menjadi sarana bagi para pensiuan untuk menuangkan ide, kreativitas, pengembangan diri melalui pelatihan kewirausahaan.
“Tujuan KMI juga untuk mengembangkan komunitas yang solid sehingga dapat digunakan sebagai salah satu upaya memperkenalkan Bank Mandiri Taspen ke khalayak yang lebih luas,” imbuhnya.
Elmamber menuturkan, banyak benefit yang bisa didapat para nasabah yang bergabung bersama KMI antara lain; memperoleh sarana berinteraksi dan bersosialisasi untuk memperluas jejaring atau koneksi yang bermanfaat. Para anggota KMI memperoleh wadah untuk berbagi pengetahuan tentang kesehatan, kewirausahaan dan kegiatan positif lainnya yang didukung oleh Bank Mandiri Taspen.
“Para pensiunan yang menjadi anggota Komunitas akan menjadi prioritas utama untuk memperoleh informasi tentang kegiatan rutin bagi pensiunan di Bank Mandiri Taspen, mereka juga mendapatkan pelatihan – pelatihan yang bermanfaat untuk pengembangan diri maupun komunitas serta Bersama Bank Mandiri Taspen menjadi agen perubahan untuk menciptakan pensiunan yang sehat, aktif dan sejahtera,” jelasnya.
Penandatanganan PKS
Dalam upaya mewujudkan 3 Pilar Mantap Indonesia, Bank Mandiri Taspen melakukan penandatangan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan perusahaan platfom digital Klikdokter, dan e-commerce Bukalapak serta perusahaan jasa pengiriman, TIKI.
Elmamber mengungkapkan, penandatanganan PKS dengan tiga perusahaan ini juga dalam upaya mewujudkan 3 Pilar Bank Mandiri Taspen yakni, Mantap Sehat, Mantap Aktif & Mantap Sejahtera.
Penandatanganan PKS dengan PT Bukalapak.com Tbk (Bukalapak) merupakan perwujudan pilar III Mantap Sejahtera dimana Bank Mandiri Taspen berupaya untuk meningkatkan taraf hidup nasabah khususnya pensiunan agar terus produktif dan sejahtera.
“Setelah PKS ini Bukalapak akan memberikan pelatihan kewirausahaan dan mewadahi nasabah kami dalam berwirausaha, termasuk melakukan digitalisasi usaha yang mereka miliki,” jelasnya.
Sementara , CEO BukaFinancial & Commerce Bukalapak Victor Lesmana mengatakan, sebagai perusahaan teknologi yang memfasilitasi pertumbuhan bisnis milik jutaan UMKM di seluruh Indonesia, pihaknya melihat bagaimana digitalisasi berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Karena itu, kami senang dapat berkolaborasi dengan Bank Mandiri Taspen ini karena kami punya kesempatan untuk memperluas dampak digitalisasi ke lebih banyak orang di tanah air, terutama para pensiunan yang menjadi nasabah utama Mandiri Taspen,” ujar Victor.

“Kami percaya bahwa membangun mental wirausaha tidak mengenal batasan umur. Oleh karena itu, kami antusias untuk berpartisipasi dan berkontribusi di program ini,” sambungnya.

Penandatanganan PKS dengan perusahaan jasa pengiriman, PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) merupakan implementasi pilar III Bank Mandiri Taspen yakni Mantap Sejahtera.
Elmamber mengatakan, kersajama Bank Mandiri Taspen dan TIKI diwujudkan dalam program “Agen Kurir Mantap”, yaitu inovasi penciptaan paket usaha baru berupa kemitraan gerai Agen Kurir TIKI (jasa pengiriman atau ekspedisi) untuk nasabah Bank Mandiri Taspen.
“Diharapkan melalui program ini bisa menciptakan wirausaha – wirausaha baru yang produktif dan sejahtera,” jelasnya.
Direktur Utama TIKI Yulina Hastuti, mengatakan, program Agen Kurir Mantap sangat sesuai dengan konsep bisnis TIKI.
Menurutnya TIKI memiliki konsep bisnis yang unik dibandingkan kebanyakan perusahaan jasa kurir dan logistik. Sejak awal didirikan, TIKI membangun bisnis dengan model kemitraan karena pihaknya yakin mengembangkan bisnis berbasis jaringan seperti industri kurir tidak dapat dilakukan sendirian.
Saat ini lebih dari 3.700 jaringan gerai dan cabang TIKI merupakan milik mitra, dan pihaknya berkomitment terus mengembangkan jaringan kemitraan kami lebih luas lagi.
“Program Agen Kurir Mantap, hasil kerjasama dengan Bank Mandiri Taspen ini, merupakan sebuah terobosan baru untuk memfasilitasi para calon mitra untuk memulai usahanya di industri kurir,” ujar Yulina.
Sedangkan PKS dengan PT Medika Komunika Teknologi (KlikDokter) merupakan wujud dari pilar pertama Bank Mandiri Taspen yakni Mantap Sehat.
Klikdokter merupakan platform digital yang terintegrasi dengan fasilitas konsultasi online dengan dokter dari berbagai spesialisasi, termasuk menyediakan resep dan menggunakan beragam tools kesehatan berbasis teknologi.
Karenanya kerjasama dengan KlikDokter bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada nasabah Bank Mandiri Taspen melalui fasilitas konsultasi kesehatan online
“Bank Mandiri Taspen sangat peduli dengan kesehatan nasabah, terbukti dari berbagai program kerja exisiting seperti pelayanan cek kesehatan gratis dan senam sehat bersama yang rutin diadakan setiap bulannya,” jelas Elmamber.
Presiden Direktur KlikDokter, Hendra Heryanto Tjong mengatakan, KlikDokter sangat mengapresiasi kerjama ini. Dia berharap kerjamasa ini akan memberi manfaat bagi nasabah Bank Mandiri Taspen. (J03)

Wujudkan 3 Pilar Mantap, Bank Mandiri Taspen Luncurkan Komunitas Mantap Indonesia dan Gandeng Klikdokter, Bukalapak serta TIKI
  • Bagikan