Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Website Genially Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Mahasiswa

Oleh Karimaliana

  • Bagikan
Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Website Genially Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Mahasiswa

Di era digital ini, pembelajaran tidak lagi bertumpu pada buku teks dan papan tulis. sebagai solusi inovatif untuk membangkitkan semangat dan meningkatkan efektivitas pembelajaran Bahasa Indonesia bagi mahasiswa.

Penggunaan Media Pembelajaran di dalam Proses Belajar Mengajar mempunyai andil yang sangat kuat hal ini dapat kita lihat betapa besar pengaruhnya sebagai berikut.

  1. Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga memperlancar dan meningkatkan proses dan hasil belajar.
  2. Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi yang lebih langsung antara mahasiswa dan lingkungan.
  3. Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang dan waktu. Objek yang terlalu besar untuk ditampilkan di ruang kelas dapat diganti dengan foto, slide, film. Sedangkan objek yang terlalu kecil dapat disajikan dengan bantuan mikroskop, film, slide, gambar. Begitu pula kejadian yang langka yang terjadi di masa lalu dapat ditampilkan melalui rekaman video, film, foto, slide.
  4. Media pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada mahasiswa tentang peristiwa di lingkungan mereka.
    Genially hadir sebagai format konten interaktif, seperti presentasi animasi, infografik, dan video penjelasan. Hal ini membantu dan menarik perhatian mahasiswa dan membuat pembelajaran lebih hidup. Konten interaktif Genially membantu mahasiswa memahami konsep bahasa Indonesia dengan lebih mudah. Visualisasi dan animasi membantu mereka menghubungkan informasi dan meningkatkan retensi memori. Secara ramah memungkinkan mahasiswa untuk berinteraksi dengan materi secara langsung. Fitur seperti kuis, teka-teki, dan permainan interaktif membuat belajar bahasa Indonesia menjadi lebih menyenangkan dan menarik. Berbagai tools dan template yang mudah digunakan untuk membuat presentasi dan konten interaktif yang menarik. Hal ini mendorong pelajar untuk mengekspresikan diri secara kreatif dan meningkatkan kemampuan komunikasi mereka.
    Genially adalah alat yang mudah digunakan dan dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Dengan Genially, pembelajaran bahasa Indonesia bagi mahasiswa menjadi lebih menarik, efektif, dan menyenangkan. Adapun fitur-fitur dalam Genially yang dapat di manfaatkan dalam media pembelajaran bahasa Indonesia.
    Beberapa fitur dalam Genially yang bisa dimanfaatkan dalam media pembelajaran bahasa Indonesia meliputi:
  5. Template yang Interaktif .
    Genially menyediakan berbagai template yang dapat diubah sesuai kebutuhan, termasuk untuk pembelajaran bahasa dengan desain yang menarik dan interaktif.
  6. Gambar dan Animasi.
    Mahasiswa dapat menambahkan gambar, animasi, atau video untuk memperkaya konten pembelajaran bahasa Indonesia, seperti mengilustrasikan kosakata, situasi percakapan, atau konteks budaya.
  7. Infografis Interaktif
    Buat infografis yang interaktif untuk menjelaskan tata bahasa, kaidah ejaan, atau perbandingan antara kata-kata dalam bahasa Indonesia.
  8. Quiz dan Aktivitas Interaktif
    Gunakan fitur quiz atau aktivitas interaktif lainnya untuk menguji pemahaman siswa tentang kosakata, tata bahasa, atau konteks budaya Indonesia.
  9. Peta Konsep
    Buat peta konsep untuk memvisualisasikan hubungan antara konsep-konsep dalam bahasa Indonesia, seperti kategori kata, struktur kalimat, atau topik-topik pembelajaran.
  10. Presentasi Interaktif
    Buat presentasi interaktif yang memungkinkan siswa untuk berpartisipasi aktif, misalnya dengan fitur drag-and-drop untuk mengurutkan kalimat atau mengisi celah kosong dalam teks.
  11. Galeri MediaTambahkan galeri media untuk menampilkan audio, gambar, atau video yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa Indonesia, seperti lagu-lagu, klip film, atau wawancara dengan penutur asli. Dengan memanfaatkan fitur-fitur ini, mahasiswa dapat menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan efektif bagi siswa dalam mempelajari bahasa Indonesia. *Penulis adalah mahasiswi Ilmu Keguruan Bahasa Universitas Negeri Padang Jln. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Barat, [email protected], NIM 23326008

  • Bagikan