Di KNIA, Aviasi Layani 367.939 Penumpang Dengan 2.553 Penerbangan

Selama Masa Angkutan Lebaran 2024

  • Bagikan
Di KNIA, Aviasi Layani 367.939 Penumpang Dengan 2.553 Penerbangan

DELISERDANG (Waspada): Posko monitoring angkutan lebaran 2024 Kuala Namu Internasional Airport (KNIA) yang berlangsung selama 16 hari dimulai sejak 03 April 2024 resmi ditutup 18 April 2024.

Informasi dihimpun Waspada, Jumat (19/4/2024) posko angkutan lebaran ditutup dengan digelarnya apel gabungan bersama komunitas bandara di selasar terminal kedatangan penumpang.

Apel penutupan posko angkutan lebaran dihadiri pimpinan dan perwakilan dari beberapa unsur komunitas bandara seperti maskapai, Imigrasi, Bea Cukai, Karantina, BMKG, Airnav dan sebagainya. Apel tersebut dipimpin Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah II Medan Sokhib Al Rokhman.

Dalam sambutannya Sokhib menyampaikan apresiasi atas kerja keras para tim anggota posko angkutan lebaran 2024.

Selama masa angkutan lebaran 2024 PT Angkasa Pura Aviasi telah melayani 367.939 penumpang dengan 2.553 penerbangan. Puncak arus mudik terjadi 06 April 2024 (H-4) dengan jumlah 29.219 penumpang sedangkan puncak arus balik terjadi pada tanggal 15 April 2024 (H+4) dengan jumlah 27.092 penumpang.

Bandara Internasional Kuala Namu telah menambah 143 penerbangan ekstra selama masa angkutan lebaran 2024. Adapun penerbangan ekstra tersebut didominasi tujuan Jakarta, Batam dan Gunung Sitoli untuk rute domestik dan tujuan Kuala Lumpur, Penang dan Singapura untuk rute internasional.

Ketepatan waktu penerbangan (on time perfomance/OTP) di Bandara Kualanamu berkisar 75% artinya peran maskapai cukup signifikan dalam menjaga kelancaran pada puncak arus balik.

Dibandingkan dengan masa angkutan lebaran 2023 yang berjumlah 391.317 penumpang, di masa angkutan lebaran 2024 ini pergerakan penumpang mengalami penurunan hingga 5%.

Terima Kasih

Achmad Rifai selaku President Director PT Angkasa Pura Aviasi Bandara Internasional Kuala Namu menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh stakeholder di Bandara Kuala Namu yang berperan dengan signifikan serta memiliki tujuan yang sama dalam memberikan pelayanan yang terbaik baik para pengguna jasa bandara serta bersama dalam menjaga kelancaran puncak arus mudik dan arus balik.

Dalam memenuhi pengalaman yang menyenangkan pelanggan selama masa angkutan lebaran 2024, PT Angkasa Pura Aviasi Bandara Internasional Kuala Namu melaksanakan program costumer happiness engagement yaitu pembagian 15 ribu takjil untuk berbuka puasa selama masa Ramadan, kegiatan ini disediakan kepada penumpang yang sedang menunggu berbuka puasa di area ruang tunggu keberangkatan dan kedatangan penumpang.

Selain itu tersedia juga foto booth di area posko angkutan lebaran dan ruang tunggu penumpang untuk memberikan pengalaman baru kepada pengunjung bandara dan penumpang untuk mengabadikan dokumentasi selama di Bandara Kuala Namu, hiasan Ramadan dan Idul Fitri, ⁠ pembagian hammpers lebaran ke petugas yang berdinas di 1 Syawal serta pemberian souvenir dan survey kepuasan pelanggan di event ramadhan dan Idul Fitri.

Serta ada juga kegiatan mini kompetisi dalam program KNOck on Your Happiness Door yang berhadiah untuk lima pemenang video terbaik, yaitu dengan melakukan postingan video liburan lebaran kemana aja mulai dari Bandara Kuala Namu.(a13)

  • Bagikan