Permudah Warga Miskin Daftar PBI JK, DSP3A P.Siantar Kembangkan Siantar Sehat

  • Bagikan

            PEMATANGSIANTAR (Waspada): Guna mempermudah warga miskin yang ingin mendaftrakan dirinya sebagai Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK) BPJS Kesehatan, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSP3A) Pemko Pematangsiantar mengembangkan link Siantar Sehat.

“Kita mau memangkas birokrasi. Kasihan warga miskin yang harus datang ke kantor DSP3A, ongkosnya sudah  berapa, antri lagi,” sebut Kepala DSP3A Pariaman Silaen melalui Kabid Sosial Risbon Sinaga saat sosialisasi link Siantar Sehat kepada seluruh operator kelurahan di gedung serbaguna BP3D Pemko, Jl. Merdeka, Senin (18/4).

Menurut Risbon, pihaknya membuka link pendaftaran peserta BPJS PBI-JK warga miskin, agar warga miskin tidak capek-capek datang ke kantor DP3A dan langsung saja dilayani di ke kantor kelurahan.

“Kan sudah ada ID Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), kenapa harus memakai surat rekomendasi lurah lagi. Percayakan saja didaftar di kelurahan,” lanjut Risbon.

Selain diikuti operator kelurahan, menurut Risbon, pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) turut dihadirkan dalam sosialisasi itu dan keikutsertaan Disdukcapil, erat kaitannya dengan adanya Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tidak valid dan identitas nama yang terkadang salah tulis.

Saat sosialiasi, kepada warga diarahkan agar NIK mereka yang tidak valid dilaporkan ke Disdukcapil. Kemudian, ada NIK yang valid, tapi namanya berbeda, misalnya namanya Zulkanain, tapi ditulis Zulkarnaen.

Menurut Risbon, kesalahan penulisan nama itu harus segera dilaporkan ke Disdukcapil, agar segera diperbaiki.

“Kebetulan program bu Wali (Plt Wali Kota Susanti Dewayani), salah satunya Pematangsiantar Sehat, yang sengaja saya panjangkan yakni senyum, empati, humanis, adaftif dan tulus, agar menjadi motto pelayanan bagi setiap Aparatur Sipil Negara (ASN),” harap Risbon.

Risbon yang sedang mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklat Pim) III secara daring saat ini, mengharapkan, inovasi yang dibuatnya, diharapkan bermanfaat, hingga bisa mewujudkan Pematangsiantar sehat, sejahtera dan berkualitas, sesuai visi dan misi Plt Wali Kota.(a28).

Permudah Warga Miskin Daftar PBI JK, DSP3A P.Siantar Kembangkan Siantar Sehat


Keterangan foto:

Sosialisasi link Siantar Sehat dilakukan DSP3A Pemko Pematangsiantar kepada seluruh operator kelurahan dengan menghadirkan Disdukcapil Pemko di gedung serbaguna BP3D Pemko, Jl. Merdeka, Senin (18/4), guna mempermudah warga miskin yang ingin mendaftarkan diri sebagai penerima PBI JK BPJS Kesehatan.(Waspada-Edoard Sinaga).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *