Universitas Nias Berbenah Ciptakan Generasi Unggul

  • Bagikan

GUNUNGSITOLI (Waspada): Universitas Nias (Unias) yang diresmikan pada Pebruari 2022 lalu terus melakukan pembenahan guna menciptakan lulusan menjadi generasi unggul.

Eliyunus Waruwu, S.P, M.Si yang dilantik sebagai Pj. Rektor Unias kepada wartawan, Selasa (19/4) mengatakan dirinya memiliki tanggungjawab guna membenahi berbagai hal dalam memajukan perguruan tinggi milik Yayasan Perguruan Tinggi (Yaperti) Nias tersebut untuk dapat sejajar dengan perguruan tinggi lainnya serta menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan.

Pembenahan yang dilakukan diantaranya membenahi sarana prasarana dan sumber daya manusia atau tenaga dosen. Hal ini dilakukan setelah dilakukan  penggabungan dua perguruan tinggi milik Yaperti Nias yakni IKIP Gunungsitoli dan STIE Pembnas menjadi Universitas Nias.

“Tugas saya sebagai Pj Rektor Unias  selama dua tahun adalah membenahi dan  menyusun struktur organisasi serta membangun sistim termasuk mempersiapkan pejabat definitif yang akan memimpin Unias ke depan,” ungkap Eliyunus Waruwu.

Menurut dia, setelah penggabungan Ikip dan Stie, mereka kemudian melakukan migrasi data dua institusi tersebut walau masih dibawah satu yayasan.

“Kita sudah lakukan peralihan data dari kedua institusi perguruan tinggi yang telah digabungkan tersebut sehingga semua data mahasiswa beralih dan terdaftar menjadi mahasiswa Unias,” ujar Eliyunus.

Pj. Rektor Nias mengatakan selain membenahi Unias dia juga tetap memiliki tugas utama yakni mewujudkan Tridarma Pergiruan Tinggi yakni pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam.mewujudkan Tridarma Perguruan Tinggi tersebut pihaknya telah melakukan assesment guna peningkatan kapasitas dosen yang tujuannya untuk melihat di bidang mana saja yang masih diperlukan perbaikan atau penambahan.

“Pada 12 Maret 2022 lalu kita juga telah melaksanakan workshop dengan tema centre of exsellence atau bagaimana Unias Jadi Universitas ungggulan, minimal di Kepulauan Nias atau Regional Sumatera Utara,” harapnya.

Berkaitan dengan pembenahan dan peningkatan Unias, pada tahun ini bertambah satu fakultas baru yang izin operasionalnya telah keluar yakni Fakuktas Sains dan Tehnologi.

Fakultas tambahan ini memiliki tiga program studi yakni Prodi Agro Tehnologi, Sumber Daya Aquatic dan Informasi Tehnologi.

Bahkan menurut Eliyunus, khusus dua Prodi pada Fakultas Sains dan Tehnologi yakni Prodi Agro Tehnologi dan Sumber Daya Aquatic akan dilakukan penerimaan mahasiswa baru dengan seleksi dan jumlah terbatas yang akan diberikan beasiswa penuh termasuk kebutuhan dan asrama tempat tinggal.

Dia berharap dengan penambahan fakultas baru dan menjadi andalan, Unias ke depan lebih unggul dan dapat menciptakan mahasiswa yang unggul di bidangnya.

“Untuk mencapai harapan kita ini, kami juga membangun jejaring dengan melakukan MoU dengan beberpa perguruan tinggi lainnya dan ke depan kita harap akan ada program pertukaran mahasiswa dan dosen,” tutur Eliyunus mengakhiri.(a26/B).

Keterangan foto: Pj. Rektor Universitas Nias, Eliyunus Waruwu, S.P, M.Si saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (19/4). Waspada/Bothaniman Jaya Telaumbanua

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *