Sambut Awal Tahun, BTN Tancap Gas Salurkan KPR Subsidi

  • Bagikan

MEDAN (Waspada) : Untuk meningkatkan komposisi dana murah dari 60 persen menjadi 75 persen di kawasan Pulau Sumatera, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) merelokasi Kantor Wilayah (Kanwil) IV dari Batam Ke Medan Sumatera Utara.
Hal ini diungkapkan Regional Office Head Kantor Wilayah (Kanwil) IV BTN Muhammad Amin Sholeh ketika berbincang-bincang dengan Waspada yang dihadiri Wapemred Sofyan Harahap, Redaktur Junaidi, Hamzah, Rizaldi dan M Faisal, di Warung Wak Noer, Medan, Rabu (19/1).


“Relokasi ini tentunya bagian dari strategi untuk mendukung bisnis Bank BTN utamanya pada sektor perumahan. Sehingga bisa lebih memperluas ekspansi bisnis pembiayaan perumahan dan mengoptimalkan penarikan dana murah di Pulau Sumatera,” ujarnya didampingi Pj Branch Manager Carly Tambunan, Branch Manager KC Syariah Medan Triyantoro, dan sejumlah staf BTN lainnya.
Menurut Muhammad Amin, Medan merupakan kota dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di pulau Sumatera. Potensi ekonomi di wilayah Sumatera Utara diperkirakan akan mengalami peningkatan seiring kenaikan harga komoditas yang terus meningkat akhir-akhir ini, hal itu tentu akan diikuti turunannya.


Selain itu, lanjut Jasmin, stakeholder dan pengusaha yang potensial banyak berada di Sumatera Utara, Bank BTN berharap ada peningkatan CASA atau dana murah dari sebelumnya sebesar 60%, ke depan bisa menjadi 75% dengan adanya relokasi kantor wilayah di Medan ini.
Muhammad Amin juga mengungkapkan, selain untuk mendukung ekspansi bisnis, pembukaan Kanwil IV Medan diharapkan akan mempermudah koordinasi dan efektifitas monitoring dengan kantor cabang yang ada di wilayah kerjanya dalam pencapaian kinerja.


“Ini juga akan mempermudah koordinasi dengan regulator seperti OJK yang kantor regionalnya di Sumatera Utara ada di Medan,” katanya.
Saat ini Kanwil IV membawahi 11 kantor cabang yang meliputi Bandar Lampung, Batam, Bengkulu, Jambi, Medan, Padang, Palembang, Pangkal Pinang, Pekanbaru, Pematang Siantar dan Tanjung Pinang.

Target Naik 50 Persen
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN langsung tancap gas menyambut tahun 2022 dengan menyalurkan kredit pemilikan rumah (KPR) fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP).
Tak tanggung-tanggung, dalam sepekan, Bank BTN sudah membukukan akad kredit KPR FLPP sekitar 6.000 unit. Pencapaian tersebut diraih lewat akad kredit yang dilakukan secara massal di seluruh Kantor Cabang Bank BTN di seluruh Indonesia.
“Tahun 2022 banyak peluang dan tantangan dalam menyalurkan KPR, namun kami sangat optimistis industri properti pulih dan demand masyarakat terutama masyarakat berpenghasilan rendah atas rumah masih tinggi, dan KPR Sejahtera FLPP selalu menjadi pilihan mereka,” ujar Regional Office Head Kantor Wilayah Sumbagut Muhammad Amin Sholeh.
Akad massal yang digelar secara serentak di berbagai kantor cabang tersebut merupakan salah satu upaya Bank BTN untuk mempercepat penyaluran KPR Sejahtera FLPP.
Tidak hanya peningkatan kualitas layanan ke nasabah, Muhammad Amin Sholeh juga menekankan peningkatan pelayanan kepada developer sebagai mitra mulai dari proses pencairan kredit konstruksi, pelayanan jemput bola, pengurusan dokumen dan yang penting bekerjasama dalam mengupayakan rumah berkualitas bagi masyarakat.
“Kami optimistis pada tahun 2022 ini, Bank BTN dapat mempertahankan bahkan meningkatkan pangsa pasar Bank BTN di segmen KPR Sejahtera FLPP karena tahun sebelumnya pencapaian kami sesuai target, ” katanya.
Seperti pada 2021, lanjutnya, penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) untuk KC Medan mencapai 3072 unit dengan nilai Rp411 miliar dan KC Siantar 1133 unit atau dengan total nilai Rp149 miliar serta untuk syariah mencapai 1144 unit dengan total nilai Rp154 miliar.
“Namun pada 2022 mengalami peningkatan target mencapai 50 persen seperti untuk KC Medan dengan target 4532 unit, KC Siantar dengan target 1552 unit atau naik 37 persen serta syariah mengalami peningkatan sebesar 20 persen,” ujarnya.
Dirinya berharap dengan relokasi Kantor Wilayah (Kanwil) IV dari Batam ke Medan Sumatera Utara tentunya mempermudah mencapai target yang telah ditentukan. (m13)

Sambut Awal Tahun, BTN Tancap Gas Salurkan KPR Subsidi

Waspada/Ucok Faisal
Regional Office Head Kantor Wilayah (Kanwil) IV BTN Muhammad Amin Sholeh didampingi didampingi Pj Branch Manager Carly Tambunan, Branch Manager KC Syariah Medan Triyantoro, dan sejumlah staf BTN bersama Staf Harian Waspada Wapemred Sofyan Harahap, Redaktur Junaidi, Hamzah, dan Rizaldi.

  • Bagikan