Sumut Tuan Rumah Harganas 2022

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah (Ijeck) memimpin rapat persiapan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun 2022, Jumat (27/5). Direncanakan, Sumut akan menjadi tuan rumah peringatan ke-29 tahun ini.

Rapat persiapan Harganas dilaksanakan di Kantor Gubsu. Wagubsu Ijeck mengarapkan, peringatan itu dapat menjadi motivasi seluruh kepala daerah, agar lebih semangat dalam menurunkan angka stunting di daerahnya masing-masing.
Hadir dalam rapat itu, Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN Nopian Andusti, Deputi Bidang Hubungan Kelembagaan dan Kemasyarakatan Kementerian Sekretariat Negara Jadi Nugroho, Kepala Perwakilan BKKBN Sumut M. Irzal, Pj. Sekdaprovsu Afifi Lubis dan jajaran OPD Pemprovsu.

“Semoga Peringatan Harganas nantinya tak hanya sekadar seremonial saja. Tapi membangkitkan semangat kita semua, khususnya kepala daerah kabupaten/kota dalam menekan angka stunting. Sehingga ke depannya menghasilkan generasi-generasi yang lebih baik, sehat dan mampu bersaing,” ujar Ijeck.

Disampaikan Ijeck, tahun ini menjadi kali kedua Sumut menjadi tuan rumah Harganas. Sebelumnya, pada Harganas ke-4 Tahun 1997, Harganas dilaksanakan di Kota Binjai, dan dibuka langsung oleh Presiden Soeharto. ‘’Insya Allah, tahun ini akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo,’’ katanya.

Pemprovsu, tambah Ijeck, berharap dengan kehadiran Presiden nantinya, akan menguatkan semangat seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat di Sumut. Yakni dalam bersinergi meningkatkan kualitas keluarga sebagai institusi terkecil sumber kekuatan pembangunan bangsa dan negara. Terutama dalam rangka percepatan penurunan angka stunting Sumut yang dicatat Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2021 dari 24,8% menjadi 14% tahun 2024.

Sementara itu, Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN Nopian Andusti menyampaikan tentang ditunjuknya Sumut sebagai tuan rumah. Yakni karena Sumut salah satu barometer nasional dalam program pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana). Juga Sumut menjadi satu dari 12 daerah prioritas dalam rangka percepatan penurunan angka stunting.

Untuk upacara Harganas sendiri, dijadwalkan akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo di Lapangan Merdeka. Selain itu, kegiatan juga akan diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan yang berpusat di Medan dan Belawan. (m07)

  • Bagikan