RPIA Kedua Medco Diresmikan

  • Bagikan

IDI (Waspada): Setelah di Indra Makmu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur, kembali meresmikan pemanfaatan Rumah Pemberdayaan Ibu dan Anak (RPIA) di Gampong Ladang Baro, Kecamatan Julok, Aceh Timur, Kamis (1/9). Peresmian RPIA kedua yang dibangun PT Medco EP Malaka di Aceh Timur itu dilakukan Pj Bupati Aceh Timur.

Pemerintah berharap, RPIA tersebut bermanfaat untuk masyarakat di Kabupaten Aceh Timur khususnya di sekitar area Blok A, karena nantinya RPIA tersebut dapat mendorong pemberdayaan masyarakat, khususnya ibu dan anak di daerah itu.

“Berbagai kegiatan bidang pendidikan akan dirancang antara lain, literasi anak, layanan pustaka, tebar inspirasi, dan bimbingan belajar,” kata VP Relations & Security Medco E&P Arif Rinaldi, dalam siaran persnya, Jumat (2/9).

Disisi lain, lanjutnya, untuk kegiatan kesehatan dan lingkungan dilakukan dalam bentuk dukungan posyandu untuk ibu hamil, balita, dan lansia, serta penyuluhan kesehatan. “RPIA juga akan menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan ekonomi, seperti pelatihan keterampilan dan pendampingan membuat kue, budidaya lele, menjahit, dan lainnya,” sebut Arif.

Sebelumnya, Medco E&P bekerja sama dengan Medco Foundation juga telah mengoperasikan RPIA di Kecamatan Indra Makmu. Bahkan kini telah menjadi pusat kegiatan pembelajaran dan pemberdayaan ibu dan anak.

“Pada RPIA pertama ini dilakukan kegiatan rutin belajar bagi anak/siswa mulai dari menulis, membaca, bahasa Inggris hingga komputer. Selain itu, juga rutin menggelar penyuluhan kesehatan seperti memerangi kondisi gagal tumbuh dan kekurangan gizi bagi ibu hamil dan menyusui,” demikian Arif. (b11).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *