Gebyar Kemerdekaan: PLN Ajak Masyarakat Beli Produk UMKM Sumut

  • Bagikan
Stik ikan kinanti, salah satu produk UMKM Rumah BUMN Sibolga dapat dibeli pada fitur marketplace PLN Mobile.
Stik ikan kinanti, salah satu produk UMKM Rumah BUMN Sibolga dapat dibeli pada fitur marketplace PLN Mobile.

MEDAN (Waspada): PT PLN (Persero) telah meluncurkan program promo Gebyar Kemerdekaan 2023 sejak 01 Agustus 2023 lalu. Pelanggan PLN akan mendapatkan voucer tambah daya dengan harga special Rp170.845 setelah melakukan transaksi pembelian produk UMKM di marketplace PLN Mobile minimal Rp78 ribu rupiah.

Dalam upaya membangun ekonomi kerakyatan, Presiden RI telah memberikan arahan untuk melakukan pengembangan UMKM Naik Kelas dan Modernisasi Koperasi. Peran UMKM sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia, dengan jumlahnya mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara menyampaikan promo paket bundling ini merupakan salah satu upaya PLN dalam mendorong peningkatan kapasitas pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menggerakkan roda perekonomian di Sumatera Utara.

“Upaya ini sebagai bentuk konsistensi dan perhatian PLN kepada pelaku UMKM. Saat ini PLN telah menyediakan dua Rumah BUMN di Sumatera Utara, yakni Rumah BUMN Padang Sidempuan dan Rumah BUMN Sibolga. Fasilitas ini diharapkan dapat menjadi wadah pembinaan pelaku UMKM sekaligus memasarkan produknya melalui marketplace PLN Mobile,” ungkap Awaluddin, Kamis (10/8).

Awaluddin menambahkan, Marketplace merupakan salah satu fitur dalam aplikasi PLN Mobile, yang menyediakan banyak produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) seperti kerajinan tangan, fashion, serta makanan dan minuman.

Berbagai produk best seller yang dimiliki oleh Rumah BUMN Padang Sidempuan diantaranya, Angkola Kopi Sipirok (AKS), Maju Jaya (MJ) Coffee, Fesmon, Gula Semut, Jahe Merah, Bawang Goreng dan lain–lain. Sedangkan best seller di Rumah BUMN Sibolga diantaranya, keripik sambal singkong “Mak Lin”, stik ikan, brownis ikan krispi, peyek kinanti dan masih banyak lagi.

Program promo ini diberlakukan bagi pelanggan semua golongan tarif daya 450 volt ampere (VA) sampai 4.400 VA dengan pilihan daya akhir maksimal 5.500 VA. Promo berlaku sejak 1 Agustus 2023 hingga 31 Agustus 2023.

Dalam sepekan, program promo Gebyar Kemerdekaan 2023 sukses diserbu pelanggan. Tercatat sebanyak 1.968 pelanggan telah memanfaatkan program ini.

“Kami mengajak masyarakat Sumatera Utara yang ingin melakukan tambah daya dapat memanfaatkan promo Gebyar Kemerdekaan 2023 ini dengan melakukan pembelian produk UMKM di Rumah BUMN Padang Sidimpuan dan Sibolga, agar roda perekonomian di Sumatera Utara terus meningkat,” ujar Awaluddin. (m31)

  • Bagikan