Harga Cabai Bertahan Mahal, Kebutuhan Pangan Lain Naik

  • Bagikan
Harga Cabai Bertahan Mahal, Kebutuhan Pangan Lain Naik

MEDAN (Waspada): Harga cabai merah di Kota Medan masih bertahan mahal dan berada di atas Rp50 ribu per Kg. Begitu juga dengan cabai rawit dan beberapa komoditas pangan lainnya mulai bergerak naik.

Berdasarkan hasil pemantauan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), harga cabai merah di Kota Medan ditransaksikan rata-rata Rp55.250 per Kg dan yang paling mahal ada di wilayah Gunung Sitoli yang mencapai Rp67.500 per Kg nya.

Sementara cabai rawit di Kota Medan dijual rata-rata Rp58 ribu per Kg, dan paling mahal masih di Kota Gunung Sitoli yang mencapai Rp75 ribu per Kg.

“Mahalnya harga cabai di luar wilayah Sumut, seperti di Pulau Jawa menjadi pemicu memburuknya kinerja harga cabai di wilayah ini. Sementara itu, sejumlah komoditas lainnya terpantau mengalami kenaikan,” ujar Ketua Tim Pemantau Harga Pangan Sumut, Gunawan Benjamin, Kamis (9/11).

Berdasarkan data PIHPS, harga gula pasir lokal rata-rata di Kota Medan dijual Rp16.200 per Kg. Sementara di Kota Padangsidempuan, dalam 5 hari terakhir harg gula pasir melompat 1.000 per Kg menjadi Rl17 ribu per Kg nya.

“Kenaikan harga gula pasir tidak terlepas dari kebijakan proteksi yang dilakukan negara eksportir gula. Ditambah lagi belakangan ada pelemahan mata uang rupiah,” katanya.

Selanjutnya harga bawang merah juga mengalami kenaikan. Rata-rata di Kota Medan dijual Rp27.700 per Kg dari posisi sepekan sebelumnya sebesar Rp22.700 per Kg nya. Harga paling mahal ada di Kota Sibolga yang mencapai Rp32 ribu per Kg.

“Kenaikan harga bawang merah masih terbilang wajar seiring dengan pasokan bawang merah yang mulai menurun di pasar. Dan harga bawang merah yang di pasar masih mencerminkan harga keekonomiannya,” sebut Gunawan.

Sementara itu, harga daging ayam mengacu kepada PIHPS di Kota Medan dalam sepekan terakhir naik 900 per kilo menjadi Rp27.900 per Kg nya.

“Harga daging ayam sejauh ini juga masih bisa dikatakan murah. Masih mudah buat masyarakat untuk menemukan harga daging ayam yang dijual di kisaran Rp25 ribuan per Kg. Harga daging ayam secara keseluruhan masih belum bersahabat dengan peternak,” ujarnya.

Selebihnya untuk harga pangan di kota medan maupun Sumut terpantau stabil. Seperti beras, minyak goreng, daging sapi, telur ayam dan bawang putih terpantau stabil.

“Berdasarkan perubahan harga kebutuhan pangan di wilayah Sumut, sejauh ini Sumut berpeluang mencetak inflasi. Namun jelang akhir tahun ini pemerintah harus mewaspadai lompatan konsumsi. Walaupun di sisi lain, sejumlah peternak mulai melakukan penyesuaian stok. Dan stok bahan pangan di level petani juga masih terganggu dengan gangguan el nino,” pungkasnya. (m31)

  • Bagikan