5 Parnas Gugur, PSI Ditolak Dan Bacaleg 19 Partai Terdaftar Di KIP Langsa

  • Bagikan
Koordinator Teknis KIP Kota Langsa, Samsul Bahri, didampingi Marzuki dan Sekretaris KIP, H Muhammad Dahlan S.Sos.I saat konferensi pers, Minggu (14/5) sekira pukul 23.59 WIB. Waspada/Rapian.
Koordinator Teknis KIP Kota Langsa, Samsul Bahri, didampingi Marzuki dan Sekretaris KIP, H Muhammad Dahlan S.Sos.I saat konferensi pers, Minggu (14/5) sekira pukul 23.59 WIB. Waspada/Rapian.

LANGSA (Waspada) : Pada hari terakhir pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg), hanya tersisa 5 partai nasional (Parnas) yang tidak mendaftarkan partainya atau gugur sebagai peserta Pemilu 2024 di Kota Langsa dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dinyatakan ditolak berkas pendaftarannya karena tidak sesuai dan dianggap gugur sebagai kontestan Pemilu 2024 mendatang.

Demikian keterangan pers yang disampaikan oleh Koordinator Teknis Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kita Langsa, Samsul Bahri, kepada wartawan, Minggu (14/5) malam sekitar 23.59 wib dan untuk 6 partai lokal (Parlok) tuntas mendaftarkan bacalegnya,

“Ada empat Parnas yang tidak mendaftar dan kami nyatakan gugur partai tersebut sebagai peserta Pemilu 2024 mendatang dan satu partai yakni PSI berkasnya kita tolak atau gugur juga,” kata Samsul.

Adapun kelima Parnas tersebut yakni, Partai Buruh, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Garuda, Partai Perindo dan termasuk PSI.

“Alhamdulillah sebanyak 13 Parnas dan 6 Parlok hari ini telah tuntas mendaftarkan para Bacalegnya ke KIP Kota Langsa pada hari penutupan atau malam ini,” ungkap Samsul.

Dirincikan untuk 13 partai nasional yang telah mendaftarkan Bacalegnya yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Demokrat (PD), Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gelora, dan Partai UMMAT.

Sedangkan untuk partai lokal yang telah daftar meliputi Partai Aceh (PA), Partai Nanggroe Aceh (PNA), Partai Generasi Atjeh Beusaboh Thaat dan Taqwa (GABTHAT), Partai Daulat Aceh (PDA), Partai SIRA dan Partai Aceh Sejahtera (PAS).

“Dari 18 partai nasional yang mendaftar ada 13 partai yang terdaftar sedangkan 5 partai lainnya tidak mendaftarkan calegnya, sedangkan untuk 6 parlok tuntas mendaftarkan calegnya,” timpal Samsul.

Lebih lanjut, KIP Kota Langsa dimulai pada tanggal 1 Mei 2023 s/hingga 14 Mei 2023 membuka pendaftaran Partai politik untuk mengajukan daftar bakal calon yang telah diajukan kepada KIP Kota Langsa melalui aplikasi Silon KPU untuk partai politik dan selanjutnya dilakukan pengajuan
pendaftaran melalui aplikasi Silon kepada KIP Kota Langsa.

Sampai dengan berakhirnya masa pengajuan pendaftaran Bakal Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kota Langsa untuk Pemilihan Umum Tahun 2024, jumlah partai politik yang mengajukan pendaftaran bakal calon adalah sebanyak 19 Partai, yang terdiri dari 13 Partai Nasional dan 6 Partai Politik Lokal dalam wilayah Kota Langsa, dengan jumlah bakal calon yang diajukan sebanyak 468 Calon, dengan rincian sebagai berikut.

Jumlah Bakal Calon 468, Laki-laki 277, Perempuan 191. Untuk pembagiannya meliputi Dapil 1 Langsa Kota 93 calon, untuk laki-laki 50 calon, perempuan 43 calon.

Untuk Dapil 2 Langsa Lama dan Langsa Timur ada 128 calon dengan jumlah laki-laki 77 calon dan perempuan 51 calon.

Kemudian Dapil 3 Langsa Baro ada 151 calon, laki-laki ada 92 calon, perempuan 59 calon, dan untuk Dapil 4 Langsa Barat ada 96 calon dengan rincian, laki-laki ada 58 dan perempuan 38 calon.

“Selanjutnya dokumen yang telah diajukan kepada KIP Kota Langsa akan dilakukan verifikasi administrasi terhadap dokumen persyaratan bakal calon anggota DPRK Langsa yang telah diunggah ke dalam aplikasi Silon yang pelaksanaannya akan dilaksanakan pada tanggal 15 Mei 2023 s/d 25 Juni 2023 mendatang,” demikian Samsul.

Senada, Sekretaris KIP Kota Langsa, H Muhammad Dahlan S.Sos.I, mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak atas terlaksananya tahapan pendaftaran Bacaleg ini hingga selesai dan mohon maaf bila ada kekurangan.

“Terima kasih kepada rekan Bawaslu, partai politik, pers, jajaran kepolisian, para staf KIP dan Panwaslih,” tandas H Dahlan.

Hadir Ketua KIP Kota Langsa, T Faisal SH, Ridwan, Syukri, Marzuki, Ketua Panwaslih Kota Langsa, M Khoiri, M.Pem.I, Riswandar dan lainnya. (crp).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *