Terobos Palang Pintu, KA Putri Deli Tabrak Truk Muatan Pelet

  • Bagikan
Kondisi truk dan kereta api di lokasi kejadian. Waspada/ist
Kondisi truk dan kereta api di lokasi kejadian. Waspada/ist

PERBAUNGAN (Waspada): Kereta Api Putri Deli U76A relasi Medan-Tanjungbalai menabrak truk Fuso BK 9223 VO di perlintasan terjaga (JPL Nomor 31) di Km.44+300 petak jalan antara Stasiun Perbaungan – Stasiun Lidah Tanah tepatnya Desa Pasar Bengkel, Kec. Perbaungan, Sergai Selasa (19/3) pukul 20.24 WIB. Akibatnya masinis dan asisten masinis terluka.

Informasi dihimpun Waspada.id truk Fuso bermuatan pelet datang dari arah Medan menuju Tebingtinggi. Setiba di lokasi kejadian, truk fuso mengalami kerusakan, dalam posisi mati mesin truk fuso terus melaju dan menabrak palang pintu lalu berhenti di tengah rel.

Di saat yang sama melaju kereta api Putri Deli/U76A dengan masinis Zulfikar, 32, dan asisten masinis Sanjaya, 35, yang datang dari arah Medan menuju Tebingtinggi menempar bagian tengah truk hingga menyeret truk sejauh 15 meter lalu kembali menabrak warung milik Khairani, 35.

Terobos Palang Pintu, KA Putri Deli Tabrak Truk Muatan Pelet
Kasat Lantas Polres Sergai AKP Andita Sitepu mengecek kondisi kereta api Putri Deli ringsek. Waspada/ist

Akibat tabrakan itu, masinis Zulfikar mengalami luka robek pada dagu sedangkan Sanjaya luka lecet pada lutut. Saat kejadian itu supir truk sempat menyelamatkan diri lalu kabur dari lokasi.

Kasat Lantas Polres Sergai AKP Andita Sitepu yang tiba di lokasi kejadian mengatakan akibat kejadian itu masinis dan asisten masinis terluka. Kuatnya hantaman kereta api membuat bagian depan kereta api dan truk ringsek berat.

” Masinis sempat terjepit, untuk penumpang kereta api tidak ada yang terluka, sedangkan supir truk masih dalam lidik karena kabur saat kejadian” papar Kasat Andita.

Selain melukai masinis dan asisten masinis, lanjut Andita Sitepu kondisi jalinsum dua arah sempat macat dikarenakan gerbong penumpang kereta api berada di tengah jalan, sekitar tiga jam kondisi lalu lintas kembali normal.

” Truk yang ringsek sudah diamankan di Pos Gakkum Satlantas Seisejenggi Perbaungan, hingga saat ini supir truk masih lidik” papar Kasat Andita.

PT KAI Tuntut Ganti Rugi

Akibat kejadian itu PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyesalkan truk bermuatan pelet yang menerobos palang pintu hingga menempar KA Putri Deli. PT KAI akan menuntut truk tersebut.

Dalam siaran persnya yang disampaikan Anwar Solikhin Manager Humas PT KAI Divre I SU menyesalkan kejadian kecelakaan lalu lintas antara truk dengan KA Putri Deli (U76A) relasi Medan-Tanjung Balai. Akibat kejadian ini, petugas masinis dan asisten masinis luka.

PT KAI Divre I Sumatera Utara menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan KA atas ketidaknyamanan dan keterlambatan yang ditimbulkan akibat temperan truk dengan KA Putri Deli.

Terobos Palang Pintu, KA Putri Deli Tabrak Truk Muatan Pelet

PT KAI Divre I Sumut menyesalkan kejadian tersebut, serta menghimbau kepada seluruh masyarakat pengguna jalan raya agar disiplin serta mengutamakan keselamatan dalam berlalu lintas dengan mematuhi rambu-rambu dan mendahulukan perjalanan kereta api.

Kejadian kecelakaan ini menyebabkan KA Putri Deli tidak dapat melanjutkan perjalanan karena kerusakan lokomotif dan kondisi truk masih berada di jalur KA.

Dari kejadian tersebut, terdapat beberapa KA yang mengalami keterlambatan akibat jalur belum dapat dilalui.

PT KAI Divre I SU akan menuntut ganti rugi atas kejadian temperan truk dengan KA Putri Deli. Kami akan menghitung kerugian materiil maupun immateriil akibat kejadian temperan tersebut.

“Kita akan tuntut sesuai dengan peraturan dan undang-undangan yang berlaku”, jelas Anwar Solikhin, Manager Humas Divre I SU.(cmw/a15)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *