Lewat PLN Mobile, Pelanggan Diajak Catat Meter Mandiri

  • Bagikan
Pelanggan melakukan catat meter mandiri menggunakan aplikasi PLN Mobile.
Pelanggan melakukan catat meter mandiri menggunakan aplikasi PLN Mobile.

MEDAN (Waspada): PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara gencar sosialisasikan kemudahan bagi pelanggan pascabayar untuk pantau pemakaian listrik setiap bulan. Melalui fitur Catat Meter secara mandiri yang tersedia di aplikasi PLN Mobile, pelanggan dapat mengetahui pemakaian listrik setiap bulannya, sebelum tagihan resmi keluar.

General Manager PLN UID Sumatera Utara Awaluddin Hafid mengatakan, layanan catat meter mandiri melalui PLN Mobile bisa menjadi salah satu solusi agar pelanggan bisa memperkirakan pemakaian listrik setiap bulan. Dengan begitu, pelanggan dapat mengontrol sendiri pemakaian listrik bulanan.

“Melalui fitur Catat Meter, pelanggan pascabayar bisa mengetahui perkiraan tagihan listrik dan mengontrol sendiri pemakaian listrik bulanan. Untuk pencatatan meter mandiri dapat dilakukan antara tanggal 23 sampai 27 setiap bulannya,” kata Awaluddin.

Awaluddin menambahkan, pelanggan juga tidak perlu khawatir kesulitan melakukan pencatatan meter mandiri melalui fitur tersebut. Karena, langkah-langkah membaca meter mandiri melalui aplikasi PLN Mobile sangat mudah, berikut tahapannya: 1. Buka aplikasi PLN Mobile; 2. Pilih menu Catat Meter; 3. Pilih mulai swacam & foto angka stand meter yang ada di kWh meter; 4. Pilih ID Pelanggan; 5. Masukan angka stand meter; 6. Kirim

Setelah melakukan hal di atas, maka estimasi biaya tagihan rekening listrik juga akan muncul. Kemudian, tagihan listrik akan keluar setiap awal bulan berikutnya. Pembayaran listrik pun bisa dilakukan dengan mudah melalui Aplikasi PLN Mobile.

Selain itu, layanan Catat Meter Mandiri di PLN Mobile ini sudah mengikuti perhitungan yang didasarkan pada Peraturan Menteri ESDM Nomor 28 Tahun 2016.

“Selain bisa mengetahui estimasi tagihan lebih awal. Dengan catat meter mandiri, privasi pelanggan juga lebih terjaga, karena petugas PLN tidak perlu masuk ke halaman rumah untuk melakukan pencatatan meter di kWh meter,” ujar Awaluddin.

Awaluddin berharap, hadirnya berbagai fitur PLN Mobile dapat memudahkan pelanggan bisa mengakses seluruh layanan tanpa perlu lagi ke kantor PLN. Mulai dari pasang baru, tambah daya, bayar tagihan, sampai baca meter mandiri.

“Pelanggan dapat mendownload aplikasi PLN Mobile melalui AppStore maupun PlayStore secara gratis,” tutup Awaluddin. (m31)

  • Bagikan