Tips #Cari_aman Berkendara Di Tanjakan

  • Bagikan
Tips #Cari_aman Berkendara Di Tanjakan
Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Skill berkendara yang dibarengi dengan pengetahuan teknik berkendara menjadi hal yang paling dibutuhkan para pengguna kendaraan roda dua, khususnya motor sport agar tetap #cari-aman di jalan.

Terutama saat dihadapkan dengan jalanan dengan tanjakan terjal, maka pastinya dibutuhkan kewaspadaan, keterampilan dan juga kesabaran tingkat tinggi untuk menaklukkannya.

Sofiyan Hazri, Instruktur Safety Riding PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, untuk #cari_aman saat berkendara di setiap medan jalan tentunya memiliki cara yang berbeda, begitu juga ketika harus melalui tanjakan.

Menurut Sofiyan, setiap pengendara wajib memahami teknik berkendara yang tepat agar mampu menghadapi berbagai kontur dan kondisi jalan. Untuk menambah wawasan para pengguna motor, maka Honda akan membagikan 4 teknik yang bisa digunakan saat mengendarai motor sport ketika berhenti di kondisi jalan menanjak.

Pertama, saat akan memasuki jalan menanjak, sebaiknya mengambil jarak yang cukup agar akselerasi sepeda motor dapat melewati tanjakan dan jangan pernah panik. Kedua, posisikan tangan kanan menekan tuas rem depan dan kaki kanan menekan rem belakang secara penuh

Tips yang ketiga, postur saat berkendara di jalur tanjakan posisikan badan condong ke depan agar roda depan mendapatkan grip atau cengkraman yang kuat terhadap permukaan jalan. Selain itu turunkan kaki kanan dan tarik tuas kopling secara penuh serta pastikan gigi porsneling berada di posisi 1. Sedangkan yang keempat, lepas kopling secara perlahan bersamaan buka gas sampai motor jalan dengan normal, setelah itu lepaskan tangan dari kopling.

Sofiyan Hazri menambahkan, jangan lupa untuk mengurangi kecepatan ketika mendekati ujung tanjakan dengan tetap memperhatikan kecepatan saat menanjak sebelumnya guna mencegah terlepasnya roda depan ketika mencapai ujung tanjakan. Selalu utamakan #cari_aman saat berkendara di medan apapun, baik itu berbatu, turunan, maupun tanjakan. (rel)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *