Tips #Cari_Aman Berkendara Jarak Jauh

  • Bagikan
Tips #Cari_Aman Berkendara Jarak Jauh
Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) menjadi moment yang dinantikan oleh sebagian masyarakat. Dimana kesempatan itu sering dimanfaatkan untuk liburan dan pulang kampung baik di dalam maupun di luar kota dengan melakukan touring bersama teman ataupun berkendara menyenangkan bersama keluarga.

Sofiyan Hazri, Instruktur Safety Riding PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, agar selalu #cari_aman di jalan saat berkendara jarak jauh saat liburan Nataru, maka pengendara terlebih dahulu harus memastikan sejumlah hal penting sebelum mulai berkendara tersebut seperti kondisi kesehatan tubuh, kondisi  armada kesayangan, dan berbagai hal lainnya.

Pertama, sebelum perjalanan, ada baiknya melakukan servis berkala, mengganti oli, periksa komponen keseluruhan dan ganti ban bila perlu. Pastikan servis motor ke bengkel resmi AHASS agar performa motor selalu terjaga dengan optimal sehingga akan meningkatkan kenyamanan dalam berkendara.

Kedua, berkendara sangat menyenangkan apabila di imbangi dengan kondisi tubuh yang sehat. Sebelum berkendara, baiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu seperti stretching selama 5- 10 menit sebelum berkendara.

Beristirahatlah sejenak setelah berkendara selama 2 jam, tidak disarankan berkendara apabila mengantuk yang akan mengakibatkan kecelakaan ketika mengalami micro sleep saat berkendara.

Ketiga, persiapkan perlengkapan berkendara seperti helm, jaket, sarung tangan, sepatu dan memakai celana panjang agar terlindungi selama perjalanan dan juga kelengkapan surat-surat berkendara. Selain itu, jangan lupa membawa jas hujan dengan model stelen (Baju & Celana), mengingat bulan Desember ini curah hujan masih terbilang cukup tinggi.

Keempat, penting untuk mengetahui rute perjalanan yang akan dilalui untuk menghindari tersesat di jalan. Dimana kemudahan mencari informasi melalui smartphone untuk bisa cek kondisi rute perjalanan yang akan dilewati menggunakan aplikasi GPS untuk mengetahui rute yang tercepat dan melewati hambatan seperti perbaikan jalan ataupun lokasi kemacetan.

Sofiyan Hazri menambahkan, efisien dan ringan di kantong sering menjadi alasan para pengendara memilih liburan Nataru dengan sepeda motor. Namun, hal tersebut harus dibarengi dengan kepedulian untuk tidak hanya mempersiapkan setiap komponen motor yang prima, namun juga harus membekali diri dengan pengetahuan tentang budaya berkendara yang baik dan aman, sehingga liburan tidak hanya menyenangkan, namun juga terjaga keselamatan. (rel)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *