Bupati Simalungun: Anugerah PWI Kado Terindah Tahun Baru 2024

  • Bagikan
Bupati Simalungun: Anugerah PWI Kado Terindah Tahun Baru 2024

JAKARTA (Waspada): Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH, MH, mendapat Anugerah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2024.

Radiapoh Hasiholan Sinaga mengatakan Anugerah PWI bidang kebudayaan yang diperolehnya merupakan hadiah terindah memasuki Tahun Baru 2024.

“Ini merupakan hadiah terindah yang diterima Pemkab Simalungun memasuki Tahun Baru 2024,” kata Bupati Simalungun itu usai mengikuti paparan makalah ‘Marharoan Bolon‘ di aula Kantor PWI Pusat di Jakarta, Kamis (4/1/2024) siang.

Selain Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, sejumlah kepala daerah yang juga memperoleh Anugerah PWI 2024 untuk Bidang Kebudayaan dipersembahkan kepada Bupati Jember, Jatim, Ir. H. Hendy Siswanto, ST, IPU, Bupati Bandung, Jabar, Dr. H. M. Dadang Supriatna, SIP, MSi, Bupati Serang, Banten,
Hj. Ratu Tatu Chasanah, SE, M.Ak,

Anugerah PWI 2024 untuk Bidang UMKM dipersembahkan kepada Wali Kota Banjar Baru, Kalsel, H. Muhammad Aditya Mufti Ariffin, SH, MH dan Anugerah PWI 2024 untuk Bidang Lingkungan Hidup
dipersembahkan kepada Bupati Tapanuli Selatan, Sumut, H. Dolly Putra Parlindungan Pasaribu S.Pt, MM. Kemudian Anugerah PWI 2024 untuk Bidang Pendidikan dipersembahkan kepada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Semarang, Jateng.

Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, saat menyampaikan paparan di hadapan Pengurus PWI Pusat dan Tim Juri Anugerah PWI 2024 di aula Kantor PWI Pusat di Jakarta, Kamis (4/1).(Waspada/Hasuna Damanik)
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, saat menyampaikan paparan di hadapan Pengurus PWI Pusat dan Tim Juri Anugerah PWI 2024 di aula Kantor PWI Pusat di Jakarta, Kamis (4/1).(Waspada/Hasuna Damanik)

Dalam paparan di hadapan Ketua PWI Pusat, Hendry CH Bangun, Ketua DKD Sasongko Tedjo, Sekretaris Jenderal Sayid Iskandarsyah, Wakil Sekretaris Raja Parlindungan Pane, beserta tim juri dan panitia, Bupati Simalungun menjelaskan mengapa dirinya mengajukan ‘Marharoan Bolon‘.

Pertama bupati menjelaskan bahwa arti dari Marharoan Bolon adalah Bergotong Royong. Menurutnya, Marharoan Bolon merupakan warisan orang tua terdahulu (nenek moyang) yang patut dilestarikan dalam membangun daerah.

Sejak dirinya memimpin dan dilantik menjadi Bupati Simalungun pada 27 April 2021, bersama Wakil Bupati H. Zonny Waldi, terinspirasi dalam program 100 hari kerja ketika menyaksikan banyak serta panjangnya jalan yang rusak berat, baik jalan berstatus jalan kabupaten, jalan antar kecamatan maupun jalan dipedesaan di daerah yang dipimpinnya yakni Kabupaten Simalungun.

“Anggaran yang sangat terbatas dengan penggunaan infrastruktur yang begitu panjang, saya mengajak para tokoh-tokoh masyarakat setempat, baik yang sudah berhasil di perantauan, untuk turut serta membangun kampung halaman, seperti apa yang pernah dilakukan Gubernur Sumut Radja Inal Siregar dahulu dengan program Marsipature Hutana Be,” kata Radiapoh.

Ternyata dengan program ini, hanya dalam tempo 100 hari kerja, capaian hasil program Marharoan Bolon mampu mengelola jalan rusak hingga bisa dilalui kenderaan roda dua bahkan roda empat ke atas mencapai 317 kilometer.

Akhirnya, Bupati Radiapoh menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada PWI yang telah memperhatikan apa yang telah diperbuat Pemkab Simalungun bersama masyarakat, sehingga diberi Anugerah PWI 2024. “Terima kasih kami sampaikan, Anugerah PWI ini merupakan hadiah terindah bagi Pemkab Simalungun dalam memasuki Tahun Baru 2024,” kata Radiapoh.

Usai menyampaikan paparan, para kepala daerah yang memperoleh Anugerah PWI 2024 melakukan season pengambilan foto dan video untuk kepentingan pembuatan majalah yang nantinya akan disebarluaskan pada acara puncak HPN, 9 Februari 2024 di Ancol, Jakarta.

Selain dihadiri pengurus PWI Pusat, kegiatan silaturahmi tersebut juga dihadiri para Ketua PWI Provinsi, Kabupaten/Kota yang bupatinya menerima anugerah.(a27).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *