4 Bekal Meraih Haji Yang Mabrur

  • Bagikan

MAKKAH (Waspada): Tim konsultan ibadah/Bimbingan Ibadah (Bimbad) Haji Sektor 4 melakukan edukasi ke jamaah Calon Haji (Calhaj) embarkasi Banjarmasin/ BDJ 02 di Musholla tower 2 Hotel Kiswah, Jarwal, Makkah, Senin (27/6). Edukasi berupa bimbingan untuk Jamaah dalam mencapai haji mabrur.

Salah seorang Petugas Haji Indonesia yang bertugas bekerja sama dengan Tim Bimbad, Nur Achmad, menjelaskan, visitasi dan edukasi juga diberikan berisi informasi tentang tiga layanan jemaah haji berupa akomodasi, konsumsi, dan transportasi.

“Kemudian imbauan tiga bekal pendukung utama berupa keamanan yakni diri, barang, dan lingkungan, kesehatan, dan bekal teknis,” ujarnya.

Ia menjelaskan empat bekal kemabruran haji, yaitu bekal niat yang ikhlas, bekal biaya yang halal, bekal menjalani semu rukun wajib dan sunnah dalam haji serta bekal menjaga diri dalam ketaatan
dan menjauhi kemaksiatan, khususnya rofats (kata kotor), fusuq (perbuatan kotor) dan jidal (berkelahi atau berdebat).

“Respon jamaah merasakan hal ini sangat penting. Walaupun ada juga jemaah yang sudah belajar manasik, tetapi kadang ada bagian-bagian tertentu yang lupa. Sehingga bimbingan dan edukasi tersebut menjadi penting. Selain itu banyak juga yang belum paham manasik dan menjaga keamanan dan keselamatan saat di tanah suci” jelasnya. Dimana Visitasi dan edukasi diisi oleh tim konsultan ibadah dan Bimbad serta tim kesehatan kepada jamaah haji Indonesia.

Nut Achmad menambahkan, jamaah juga diingatkan untuk tidak selfie atau ambil foto dan video di lokasi sekitar ka’bah.

“Apalagi membawa gambar atau benda-benda yang tidak relevan, misalnya bawa foto sapi, wayang, dan lainnya, yang bisa ditindak oleh polisi di Masjidil Haram,” tambahnya.

Selain itu jemaah juga diimbau tetap menjaga kesehatan, minum air yang cukup, tidak lupa bawa semprotan air buat basahi wajah, dan jika keluar pemondokan, membawa sandal atau sepatu plus plastiknya sendiri, tanpa menitip ke orang lain, terutama saat ke Masjidil Haram.

Tim konsultan ibadah dan Bimbad sektor 4 terdiri dari KH.Imam Khoiri, Nur Achmad, KH. Ahmad Nadhif, KH. Shidqon, KH. Shonhaji, dan KH. Hilman. Diketahui
Jemaah haji Indonesia di sektor 4, Jarwal, Makkah, ada embarkasi; Solo (SOC), Banjarmasin (BDJ), Padang (PDG), dan Balikpapan (BPN). Total berjumlah 66 kloter dengan jumlah jamaah 24.000 lebih. (h01)

Teks
Tim BimbadHaji Sektor 4 melakukan edukasi ke jamaah Calhaj embarkasi Banjarmasin/ BDJ 02 di Musholla tower 2 Hotel Kiswah, Jarwal, Makkah, Senin (27/6). Waspada/ist

  • Bagikan