Indikator Ekonomi Global Mulai Ada Harapan Perbaikan

  • Bagikan
Indikator Ekonomi Global Mulai Ada Harapan Perbaikan
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar (ist)

JAKARTA (Waspada): Meski masih jauh di atas target bank sentral negara masing-masing, laju inflasi di negara-negara maju mulai menurun. Hal ini menunjukkan beberapa indikator ekonomi global mulai ada sedikit harapan perbaikan.

“Terlihat dari sentimen di pasar keuangan cenderung lebih positif didukung harapan berakhirnya kenaikan suku bunga global,” kata Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar saat Pembukaan Perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2024, Selasa (2/1/2024).

Optimisme tersebut, lanjutnya, turut dipengaruhi peluncuran berbagai insentif di China. Bahkan perkembangan di ekonomi global ini mendorong penguatan pasar keuangan global.

Hal itu juga mendorong penurunan volatilitas di pasar saham, surat utang, maupun nilai ttukar. Sehingga investor luar negeri atau non residen mulai kembali ke pasar keuangan emerging market sebagai net buyers,” ujar Mahendra.

Perkembangan ekonomi global yang ia sampaikan, dinilai akan semakin menuntut integritas, kredibilitas, dan governance pasar, termasuk OJK selaku regulator.

Mahendra berpendapat, penggalangan dana dan pembiayaan ke depan akan semakin mengandalkan kemampuan dalam negeri yang semakin besar.

Maka dari itu, hal tersebut perlu disertai dengan peningkatan integritas, kredibilitas, dan governance pasar, serta perlindungan konsumen yang dijamin.

Mahendra menegaskan, semua perusahaan pelaku pasar dan industri harus mematuhi hal-hal di atas tanpa pengecualian, baik itu swasta atau BUMN, serta perusahaan besar, menengah, maupun kecil.

“Semua proses yang kami lakukan itu secara reguler kami laporkan secara terbuka kepada publik sebagai bentuk pertanggungjawaban dan akuntabilitas kami,” tegasnya. (J03)

  • Bagikan