Kominfo Dorong Masyarakat Tingkatkan Ekonomi Kreatif Lewat Produk Lokal

  • Bagikan
Kominfo Dorong Masyarakat Tingkatkan Ekonomi Kreatif Lewat Produk Lokal

JAKARTA (Waspada): Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mendorong masyarakat di daerah untuk meningkatkan ekonomi kreatif melalui pemberdayaan potensi produk lokal agar dapat mendorong kesejahteraan masyarakat setempat.

“Apa sih fungsi dari ekonomi kreatif itu? Fungsinya yaitu selain berdampak sosial bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia, juga ternyata ekonomi kreatif itu menjadi identitas citra dari bangsa Indonesia itu sendiri,” ujar Dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret, Dr. Adriana Grahani Firdausy, SH., M.H. dalam kegiatan Chip In Literasi Digital untuk Masyarakat Komunitas di Kabupaten Wonogiri di Lapangan Platarejo Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Timur, Sabtu (8/7/2023).

Andriana menambahkan bahwa masyarkat Wonogiri harus bisa melihat potensi dari produk-produk lokal setempat agar nantinya bisa lebih dikembangkan dan disebarluaskan ke seluruh wilayah Indonesia bahkan hingga skala internasional.

Dalam kesempatan yang sama, Widyaiswara Utama, Dr. Rosarita Niken Widiastuti, M.Si. menyarankan masyarakat Wonogiri untuk bisa memasarkan produk lokalnya melalui media sosial agar bisa menjangkau audiens yang lebih luas lagi di luar wilayah Kabupaten Wonogiri.

“Sebetulnya produk apa saja yang ada disini bisa kita pasarkan, mau itu secara offline atau online. Kalau offline yang membeli kan hanya dari yang orang lewat, tetapi kalau di media sosial yang membeli bisa dari semua orang di Indonesia. Karena kalau kita memasarkan di media sosial, yang penting kita tau dulu target audiensnya, kita mau menyasar anak muda atau orang tua baru kita nanti sesuaikan dengan platform yang ada,” tutur Rosarita.

Rosarita juga menyarankan masyarakat Wonogiri harus tetap bijak dan berhati-hati dalam memasarkan produknya di media sosial untuk mencegah terjadinya kejahatan digital, karena pada saat ini sedang banyak kasus penipuan online yang beredar di media sosial. Ia juga mengingatkan masyarakat mengenai prinsip saring sebelum sharing di media sosial.

Kegiatan Chip In Literasi Digital segmen Masyarakat Umum merupakan rangkaian kegiatan program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) yang bertujuan untuk memberikan literasi tentang teknologi digital kepada 50 juta masyarakat Indonesia hingga tahun 2024.(J02)

  • Bagikan