Kota Dukung Siantar Timur Raih Juara Umum MTQ Tingkat P. Siantar

  • Bagikan
Kota Dukung Siantar Timur Raih Juara Umum MTQ Tingkat P. Siantar
Wali Kota Susanti Dewayani memukul bedug tanda pembukaan MTQ ke-56 tingkat Kec. Siantar Timur di lapangan Santiago, Jl. Siatas Barita, Kel. Tomuan, Rabu (24/1).(Waspada/Ist)  

PEMATANGSIANTAR (Waspada): Wali Kota memberikan dukungan kepada Kec. Siantar Timur untuk bisa kembali meraih juara umum di ajang MTQ tingkat Kota Pematangsiantar, dimana Kec. Siantar Timur telah mengukir prestasi sebagai juara umum 2023.

“Semoga Kec. Siantar Timur meraih juara umum kembali dan predikat juara umum tidak berpindah,” harap Wali Kota Susanti Dewayani saat membuka MTQ tingkat Kec. Siantar Timur di lapangan Santiago, Jl. Siatas Barita, Kel. Tomuan, Rabu (24/1).

MTQ dengan tema “Membumikan Alquran dalam Mewujudkan Kota Pematangsiantar yang Berakhlakul Karimah,” itu berlangsung sampai Kamis (25/1).

Menurut Wali Kota, MTQ menjadi salah satu program bidang keagamaan, selain sebagai syiar dakwah untuk membumikan Alquran agar memahami dan mengerti isi kandungan Alquran serta mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari dengan akhlak yang baik.

“Semoga muncul generasi Qurani yang mampu memelihara toleransi dalam keberagaman di Pematangsiantar,” lanjut Wali Kota.

Menurut Wali Kota, pemerintah pusat menginstruksikan agar terus menggalakkan MTQ, hingga pelaksanaan MTQ terus berkembang, termasuk jenis dan kategori pertandingan dengan tujuan meningkatkan nilai-nilai keagamaan.

“Harapan ini terwujud jika kita bekerjasama dan berkolaborasi. Kolaborasi pemerintah dengan Forkopimda selama ini sudah cukup baik, hingga semua dapat terlaksana dengan baik,” lanjut Wali Kota seraya berharap pelaksanaan MTQ lebih maju lagi, baik kuantitas maupun kualitas.

Kepada Dewan Hakim, Wali Kota berterimakasih. “Semoga jadi amal ibadah dan semoga Allah mempermudah kita melaksanakan pembangunan demi Pematangsiantar. Harapannya sehat, sejahtera dan berkualitas demi Pematangsiantar bangkit dan maju.”

Sementara, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Hamdani Lubis   berpesan agar para peserta menunjukkan kemampuan terbaiknya, hingga bisa meraih prestasi dan melaju ke MTQ tingkat Pematangsiantar serta Provsu. 

“Kami berterimakasih dan menyampaikan apresiasi kepada Wali Kota atas komitmen dan ketulusan hati membumikan Alquran serta memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengikuti MTQ dan berprestasi,” lanjut Lubis.

Sebelumnya, Camat Siantar Timur Musa Rahmat Zebua mengaku sempat galau, karena beberapa hari lalu cuaca hujan. “Tapi, hari ini puji syukur cuaca cerah.”

Zebua menyebutkan sebelum pembukaan MTQ, mereka telah melakukan pawai Taaruf dari SMAN 4, Jl. Pattimura, Kel. Pahlawan menuju lapangan Santiago, tempat pelaksanaan MTQ.

“Tahun lalu Kec. Siantar Timur meraih juara umum MTQ tingkat Pematangsiantar dan harapannya tahun ini para utusan atau kafilah Kec. Siantar Timur bisa menorehkan prestasi yang sama,” harap Zebua.

Kegiatan MTQ ini, lanjut Zebua, salah satu pembinaan kerohanian. “Kita harus berkolaborasi seperti MTQ ini atas kolaborasi beberapa pihak di Kec. Siantar Timur. Semoga MTQ berlangsung lancar, hingga selesai tanpa kekurangan apapun.”

Sedang Ketua Panitia MTQ ke-56 Doli Siregar dalam laporannya menjelaskan tujuan pelaksanaan MTQ yakni terwujudnya peserta MTQ yang berkualitas, untuk menjadi duta di tingkat Pematangsiantar, terwujudnya Syiar Islam melalui MTQ dan terwujudnya masyarakat Kec. Siantar Timur yang agamis dan harmonis dalam bingkai keberagaman Bhinneka Tunggal Ika.

Siregar menambahkan MTQ ke-56 tingkat Kec. Siantar Timur, mengikuti 253 peserta, dengan berbagai cabang lomba yakni Tartil, Tilawah, Qira’tus Sab’ah Murattal, Tahfidz, Fahmil, Syarhil dan Khat berbagai jenis.

Camat Siantar Timur memimpin pelantikan Dewan Hakim dan pemukulan bedug dari Wali Kota, anggota DPRD dan Forkopimcam serta penyerahan piala bergilir dari Kel. Pahlawan kepada Camat Siantar Timur menandai pembukaan MTQ.

Tampak hadir anggota DPRD Jhon Kennedy Purba dan Frans Herbert Siahaan, Kepala KUA Siantar Timur Amrial Saragih, Ketua LPTQ Siantar Timur, Ketua BMKT Pematangsiantar dan Kec. Siantar Timur, Majelis Taklim Silaturahmi Kec. Siantar Timur, Perhimpunan Wanita Islam, kepala Puskesmas, para lurah, Ketua TP PKK Kec. Siantar Timur dan kelurahan, tokoh agama, masyarakat, pemuda, pelajar dan lainnya.(a28)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *