Bank Mandiri Region I Jalin Silaturahmi Dan Buka Puasa Bersama Media

  • Bagikan
Regional Transaction & Consumer Head Bank Mandiri Region I/Sumatera 1, Agus Kurniawan dan jajarannya, serta para pimpinan redaksi media di Kota Medan foto bersama di sela kegiatan buka puasa bersama, Senin (1/4).
Regional Transaction & Consumer Head Bank Mandiri Region I/Sumatera 1, Agus Kurniawan dan jajarannya, serta para pimpinan redaksi media di Kota Medan foto bersama di sela kegiatan buka puasa bersama, Senin (1/4).

MEDAN (Waspada): Bank Mandiri Region I/Sumatera 1menggelar acara buka puasa bersama dengan sejumlah media lokal di Taipan Restaurant Medan, Senin 1 April 2024. Acara tersebut sebagai bentuk menjalin silaturahmi dengan media yang menjadi mitra Bank Mandiri.

Pada kesempatan itu, Regional Transaction & Consumer Head, Agus Kurniawan menyampaikan, kegiatan buka puasa bersama ini memiliki makna yang sangat penting dalam memperkuat hubungan antara bank dan media. Dia berharap, melalui kegiatan ini, sinergi antara Bank Mandiri Region I/Sumatera 1 dengan sejumlah media dapat semakin ditingkatkan.

“Perbankan tidak lepas dari peran media dalam menyampaikan informasi, dan kami berharap kerjasama ini dapat memberikan dampak positif bagi kedua belah pihak,” ujar Agus.

Pada kesempatan itu, Agus menyampaikan bahwa Bank Mandiri menyiapkan net kebutuhan uang tunai sekitar Rp31,3 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat saat Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1445 H.

Jumlah net kebutuhan uang tunai tersebut naik sebesar 10,5% dibandingkan proyeksi tahun sebelumnya. Sedangkan di wilayah Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau kebutuhan uang tunai sebesar Rp2,59 triliun.

Dia mengatakan, langkah ini diharapkan dapat membantu masyarakat memenuhi berbagai kebutuhan pada periode bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri mendatang, terutama pada masa pembayaran gaji dan THR ASN. Sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Mandiri selama periode tersebut.

“Guna mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, kami juga telah mengoptimalisasi pengisian 12.874 mesin ATM/CRM Bank Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia dan 1.091 mesin ATM/CRM di wilayah Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau sejak awal bulan ini hingga saat libur Lebaran,” kata Agus.

Selain mesin ATM, dia melanjutkan, Bank Mandiri juga mengoptimalkan channel-channel pembayaran non tunai untuk membantu nasabah bertransaksi dengan cepat, antara lain dengan mesin EDC, QRIS, aplikasi Livin’ by Mandiri maupun Livin Merchant.

Sedangkan langkah maintenance telah dilakukan pada 674 mesin ATM/CRM dan 2.688 EDC yang tersebar di seluruh Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau, khususnya di lokasi strategis seperti rest area, bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, restaurant, hotel, SPBU dan tempat wisata.

“Jaringan elektronik perseroan, seperti Livin’, ATM/CRM dan EDC ini akan menjadi channel utama transaksi nasabah, terutama pada periode libur dan cuti bersama Idul Fitri 2024 mengingat seluruh kantor cabang di wilayah Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau tidak akan beroperasi,” katanya.

Pada periode liburan Idul Fitri tersebut, jelasnya, nasabah juga dapat memanfaatkan sebanyak 23 fasilitas Customer Service Machine (CSM) yang tersebar di wilayah Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau untuk transaksi non-finansial seperti buka rekening, ambil kartu debit, buka blokir kartu dan ganti kartu debit.

“Nasabah dapat membuka blokir kartu secara mandiri bahkan ganti kartu baru lewat mesin CSM dan memilih kartu sesuai kebutuhan dengan membawa kartu lama dan atau KTP dengan memilih menu “Ganti Kartu Debit”. Selain itu bagi nasabah yang ingin memiliki rekening baru bisa memilih “Buka Rekening” di mesin CSM dengan membawa KTP. Bagi nasabah yang sudah melakukan pembuatan rekening secara online dapat mencetak kartu debitnya melalui CSM dengan menu “Ambil Kartu Debit”. Fasilitas CSM tersedia dan aktif selama 24 jam,” katanya.

Untuk Transaksi Financial, Nasabah dapat memanfaatkan Livin’ by Mandiri yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan seperti cek saldo, transfer hingga Rp300 juta, pembayaran tagihan bulanan & e-commerce, top up e-money maupun e-wallet, pembayaran dengan QRIS serta 2 fitur terbaru yaitu tap to pay dan penarikan uang tanpa kartu di mesin ATM. Bahkan, nasabah juga dapat melakukan pemesanan tiket kereta, pesawat, sampai tempat wisata melalui fitur Sukha pada super app ini.

“Dengan fitur top up Mandiri e-money pada Livin’ by Mandiri, nasabah yang melakukan perjalanan lewat tol akan sangat dimudahkan karena top up saldo dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja,” imbuh Agus.

Sedangkan bagi pengguna jalan tol yang belum memiliki kartu mandiri e-money, Agus menjelaskan, Bank Mandiri Region I akan menyiapkan stok kartu e-money hingga 7 ribu kartu yang dapat diperoleh di cabang, Fitur Sukha di Livin by Mandiri, toko retail (Indomaret, Alfamart, dan lain-lain), official store Bank Mandiri di e-commerce (Tokopedia, Blibli, Shopee), serta vending machine di lokasi transportasi dan stasiun.

Agus menjelaskan, pihaknya juga akan memastikan kesiapan jaringan IT secara optimal untuk mengantisipasi kenaikan transaksi yang dilakukan nasabah pada seluruh channel pembayaran elektronik, dengan membentuk tim monitoring IT yang selalu siaga.

“Tidak hanya itu, selama bulan Ramadhan Bank Mandiri juga memberikan banyak program khusus spesial Ramadhan untuk memanjakan nasabah. Program Ramadhan di wilayah Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau menggandeng merchant cafe/resto, groceries, elektronik, gadget, hingga oleh-oleh yang tersebar di Medan, Pekanbaru, Batam, Dumai, Rantauprapat dan Pematang Siantar,” tukasnya.

“Selama periode Ramadhan ini nasabah dapat menikmati berbagai program diskon hingga 50 persen dengan menggunakan Mandiri kartu kredit, kartu debit, dan QRIS Livin by Mandiri, selain itu ada tambahan diskon dengan penukaran Livin Poin. Nasabah dapat mengakses ragam program tersebut melalui https://bit.ly/FAQProgramRamadhan2024,” imbuhnya.

Penukaran UPK

Sebagai bentuk pelayanan kepada nasabah, Agus menambahkan, pihaknya juga terlibat dalam program Semarak Rupiah Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H (SERAMBI) yang digelar oleh Bank Indonesia untuk memenuhi kebutuhan uang pecahan kecil (UPK) masyarakat.

”Program SERAMBI di Bank Mandiri akan dilaksanakan di 199 kantor cabang 52 kabupaten/kota di wilayah Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau secara bergantian,” katanya.

Dalam program SERAMBI tersebut, jumlah nominal uang kecil yang bisa ditukar oleh setiap penukar adalah maksimal Rp3,7 juta, dengan rincian pecahan Rp20.000 sebanyak maksimal Rp2 juta, pecahan Rp10.000 sebanyak maksimal Rp1 juta, pecahan Rp5.000 sebanyak maksimal Rp500.000 dan pecahan Rp2.000 sebanyak maksimal Rp200.000. (m31)

  • Bagikan