Harga Cabai Merah Anjlok Sentuh Rp15 Ribu, Bawang Merah Meroket

  • Bagikan
Harga Cabai Merah Anjlok Sentuh Rp15 Ribu, Bawang Merah Meroket

MEDAN (Waspada): Harga cabai merah kembali mengalami penurunan di awal pekan ini. Dari hasil pemantauan sejumlah pasar di wilayah Medan, Deliserdang dan sekitarnya, harga cabai merah ditransaksikan dalam rentang Rp15 hingga Rp25 ribu per Kg nya, meskipun banyak pedagang yang menjual di kisaran Rp18 ribu per Kg.

Ketua Tim Pemantau Harga Kebutuhan Pangan di Sumut, Gunawan Benjamin menyebutkan, penurunan harga cabai merah dipengaruhi oleh sisi persediaan yang mengalami peningkatan.

“Untuk harga cabai merah sudah memasuki tren harga murah yang akan bertahan setidaknya hingga 3 pekan mendatang. Harga cabai merah di posisi saat ini memang sudah merugikan petani. Karena harga jual di petani diperkriakan berada dalam rentang 10 hingga 15 ribu per Kg nya,” ujar Gunawan, Senin (15/4).

Berbeda dengan cabai merah, lanjut Gunawan, harga cabai rawit gunung ditransaksikan di kisaran level Rp40 ribu per Kg sejauh ini.

Sementara itu, harga bawang merah terpantau mengalami kenaikan hingga menyentuh Rp60 ribu per Kg. Informasi dari pedagang besar pasokan bawang merah dari wilayah Jawa belum kembali normal, seiring dengan libur panjang yang masih berlangsung hari ini.

“Kita akan melihat dalam beberapa hari ke depan atau di pekan depan jika aktifitas ekonomi masyarakat kembali pulih sepenuhnya,” katanya.

Sedangkan, sejumlah harga kebutuhan lainnya sejauh ini masih bergerak normal. Bawang putih, minyak goreng, gula pasir dan beras semuanya terpantau stabil. Sementara untuk harga daging ayam bergerak turun di kisaran Rp35 ribu per Kg dari posisi saat lebaran yang sempat menyentuh Rp40 ribu per Kg nya. Daging sapi juga berangsur turun di kisaran Rp125 hingga Rp135 ribu per Kg nya.

Demikian juga halnya untuk harga telur ayam, semuanya masih terpantau bergerak stabil dibandingkan dengan kinerja sebelumnya. Di sisi lain, harga sayur-sayuran juga sudah mengalami penurunan.

“Harga tomat berada di kisaran Rp6 hingga Rp7 ribu per Kg, kacang panjang di kisaran Rp10 ribu per Kg nya. Secara keseluruhan harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat menyumbang deflasi di bulan ini,” pungkasnya. (m31)

  • Bagikan