BI: Wartawan Diharapkan Terus Hasilkan Pemberitaan Berkualitas, Informatif Dan Edukatif

  • Bagikan
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Sumut, Doddy Zulverdi saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Capacity Building Wartawan Ekonomi dan Bisnis Kota Medan di Samosir, 14-16 Oktober 2022.
Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Sumut, Doddy Zulverdi saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Capacity Building Wartawan Ekonomi dan Bisnis Kota Medan di Samosir, 14-16 Oktober 2022.

MEDAN (Waspada): Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara mendukung wartawan ekonomi dan bisnis untuk profesional dan dapat menghasilkan pemberitaan yang berkualitas, informatif dan edukatif bagi publik dalam membantu mengembangkan kapasitas SDM nasional yang unggul dan berkualitas.

Upaya tersebut dilakukan KPw BI Sumut melalui kegiatan Capacity Building Wartawan Ekonomi dan Bisnis Kota Medan yang mengusung tema “Wujudkan Wartawan Ekonomi dan Bisnis Kota Medan yang Profesional Melalui Digitalisasi” di Samosir, 14-16 Oktober 2022.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Sumut, Doddy Zulverdi menyebutkan, dalam mewujudkan efektifitas dan transparansi informasi publik, BI memberikan semua informasi yang relevan kepada publik terutama terkait perkembangan ekonomi terkini dan implementasi kebijakan BI secara terbuka, jelas, dan tepat waktu.

“Dalam mewujudkan transparansi informasi publik tersebut, tentunya tidak lepas dari peran serta rekan-rekan media khususnya wartawan ekonomi dan bisnis Kota Medan yang menjadi mitra Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumut,” ujar Doddy Zulverdi saat membuka kegiatan, Sabtu (15/10).

Doddy menyebutkan, penyelenggaraan Capacity Building tahun ini mengusung tema “Wujudkan Wartawan Ekonomi dan Bisnis Kota Medan yang Profesional Melalui Digitalisasi”. Tema ini dipilih sebagai upaya untuk senantiasa mendukung kompetensi wartawan agar dapat terus meningkatkan kualitas pemberitaan dan memperkaya informasi, pengetahuan, dan ilmu para rekan wartawan khususnya terkait dengan isu-isu terkini.

“Besar harapan kami melalui kegiatan ini dapat memperkuat pesan-pesan yang akan disampaikan kepada masyarakat. Di samping itu, capacity building ini juga diharapkan sebagai media refreshment bagi rekan wartawan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara. Kami juga berharap dengan penyelenggaraan kegiatan ini dapat bermanfaat meningkatkan kompetensi dan pengetahuan rekan-rekan dan memberikan banyak pemberitaan yang bersifat edukatif dan informatif bagi publik,” jelasnya.

Kegiatan yang menghadirkan narasumber Komisaris Utama PT. Finnet Indonesia, Difi Ahmad Johansyah yang juga merupakan mantan Kepala KPw BI Provinsi Sumut dan Direktur Tempo Institute, Qaris Tajudin, diikuti sekitar 61 jurnalis mitra yang semuanya memiliki latar belakang sebagai wartawan ekonomi dan bisnis yang berada di wilayah Kota Medan.

Peserta capacity building mendapatkan pemahaman materi dengan topik Digital Ekonomi: Peran Wartawan dan Perkembangan Digitalisasi Sistem Pembayaran dalam Praktek yang disampaikan Komisaris Utara PT Finnet Indonesia, Difi Ahmad Johansyah sebagai salah satu pelaku pada Digital Payment. Topik kedua terkait “Economics Writing: Teknik Menulis Berita yang Menarik untuk Wartawan Ekonomi dan Bisnis” yang akan disampaikan Direktur Tempo Institute, Qaris Tajudin sebagai salah satu media terkemuka nasional.

“Kami berharap para mitra wartawan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara dapat terus menghasilkan pemberitaan yang berkualitas, informatif, dan edukatif bagi publik untuk turut membantu mengembangkan kapasitas SDM nasional yang unggul dan berkualitas menuju terwujudnya Indonesia maju,” tutupnya. (m31)

  • Bagikan