Meski Melambat, Ekonomi Sumut Masih Tumbuh Cukup Baik

  • Bagikan
Doddy Zulverdi didampingi Kepala KPw BI Sumut yang baru, I.G.P Wira Kusuma, Deputi BI Sumut Ibrahim dan Humas BI Sumut Poltak Simanjuntak menyampaikan perkembangan ekonomi di Sumut pada Bincang Bareng Media di Gedung BI Sumut, Senin (8/5).
Doddy Zulverdi didampingi Kepala KPw BI Sumut yang baru, I.G.P Wira Kusuma, Deputi BI Sumut Ibrahim dan Humas BI Sumut Poltak Simanjuntak menyampaikan perkembangan ekonomi di Sumut pada Bincang Bareng Media di Gedung BI Sumut, Senin (8/5).

MEDAN (Waspada): Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI), Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Doddy Zulverdi mengatakan, perkembangan Ekonomi Sumut Triwulan I 2023 masih tumbuh cukup baik sebesar 4,87% (yoy), meskipun melambat dari triwulan sebelumnya yang tumbuh sebesar 5,62%.

Hal tersebut disampaikannya pada acara Bincang Bareng Media yang dirangkai dengan Halal Bi Halal serta Pisah Sambut Kepala Perwakilan BI Sumut Doddy Zulverdi yang digantikan digantikan oleh I.G.P Wira Kusuma sebsgai Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumut yang baru, Senin (8/5).

“Perlambatan pertumbuhan ekonomi Sumut ini seiring dengan tren moderasi harga komoditas ekspor utama Sumut yakni CPO dan dampak dari fenomena cuaca ekstrem pada Triwulan I 2023 terhadap penurunan produksi komoditas pertanian seperti kelapa sawit,” jelasnya.

Doddy menyebutkan, dari sisi lapangan usaha, sektor pertanian, perdagangan, dan transportasi, pertumbuhannya juga melambat dibandingkan triwulan sebelumnya. Kemudian, deselerasi LU Pertanian seiring dengan masuknya periode musim anam beberapa komoditas seperti beras, cabai merah cabai rawit dan bawang merah serta fenomena Cuaca ekstrem yang berdampak pada penurunan produksi beberapa komoditas pertanian.

“Selanjutnya, jumlah indikator seperti kredit perdagangan, UMKM dan transportasi serta prakiraan Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) PBE yang melambat pada triwulan 1-2023 turut berdampak pada perlambatan LU Perdagangan dan LU Transportasi di tengah sektor konstruksi dan industri yang masih terakselerasi,” ujarnya.

Meskipun demikian, lanjut Doddy, Sumatera Utara menjadi provinsi yang memberikan andil tertinggi dalam menopang pertumbuhan ekonomi di Sumatera, dibandingkan dengan provinsi-provinsi lainnya.

“Pertumbuhan ekonomi Sumatera pada triwulan I-2023 ditopang oleh Provinsi Sumatera Utara, Riau, dan Sumatera Selatan. Andil pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara pada triwulan I-2023 yang sebesar 1,13% menjadi yang tertinggi di wilayah Sumatera,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Doddy Zulverdi menyampaikan akan mengakhiri masa jabatannya di Sumut, dan menyampaikan terimakasih kepada wartawan yang sudah menjalin kerjasama yang baik selama ini.

“Saya sangat berterimakasih kepada teman-teman wartawan karena telah aktif memberikan dukungan kepada Bank Indonesia Sumut melalui pemberitaan-pemberitaan yang telah dipublikasikan selama saya menjabat,” sebut Doddy Zulverdi didampingi Kepala KPw BI Sumut yang baru, I.G.P Wira Kusuma, Deputi BI Sumut Ibrahim dan Humas BI Sumut Poltak Simanjuntak. (m31)

  • Bagikan