Alasan Petanque Sumut Pilih Thailand

  • Bagikan
Alasan Petanque Sumut Pilih Thailand
KETUA FOPI Sumut Dr dr Hj Liliana Puspa Sari SPd MKes foto bersama atlet dan pelatih Pelatda PON XXI Sumut serta kru podcast COPI Sumut, Rabu (27/3). Waspada/Ist

 

MEDAN (Waspada): Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Sumatera Utara agendakan pemusatan latihan ke Thailand sebagai persiapan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

 Hasil dari latihan di luar negeri pada Juni-Juli 2024 itu diharapkan dapat memperkuat mental dan fisik atlet menghadapi PON XXI yang digelar September mendatang.

Ketua Umum Pengprov FOPI Sumut Dr dr Hj Liliana Puspa Sari SPd MKes mengatakan program itu saat buka bersama atlet Pelatda Petanque PON Sumut bersama kru podcast COPI Sumut di Medan, Rabu (27/3).

“Tujuannya ke Bangkok, karena untuk tingkat Asean bahkan Asia, Thailand jagoannya Petanque. Bahkan ada juara dunia di sana,” ungkap Liliana, didampingi Sekretaris FOPI Sumut Dr Ibrahim Sembiring dan Kabid Binpres Edward Keliat.

Dijadwalkan semua atlet Pelatda yang berjumlah 20 orang dan tiga pelatih akan berangkat. Adapun atlet putra diperkuat Rudi Irwanto, Erry Havosan Nababan, Fa’id Aqdas Tamimi, M Khairul Irwanto, Rasya Althof Sembiring, Muhammad Dia, Mawar Dinur Malau, Arif Ramadani, Taufan Arif Wahidin dan Ebenitus Giawa.

Sedangkan atlet putri, yaitu Rohana Saprida Purba, Ayu Mutiara Sari, Nur Akma Aisyah, Finalia Sinulingga, Cintami Rahmadani Jambak, Yuyun Danaty Manulang, Nosanta Yevi br Ginting, Trinalia Silalahi, Ade Yuniar dan Lia Ermawati. Mereka dilatih Dr Ibrahim Sembiring SPd MOr, Edward Keliat dan Dr Andarias Ginting MPd.

“Kita harapkan hasil dari Thailand ini nantinya bisa memenuhi target kita, Insya Allah 2 emas dari 13 nomor yang dipertandingkan pada PON 2024,” sebut wanita yang akrab disapa Lili itu.

Ibrahim Sembiring menambahkan, alasannya memilih Thailand sebagai tempat latihan atlet, karena Negeri Gajah Putih itu memiliki prestasi cabor petanque yang menjadi kiblat para atlet dunia.

“Jadi Kejuaraan Petanque Asian Championship, itu pemain-pemain master Petanque kumpul di sana (Thailand) di satu tempat latihan. Kita sudah berkomunikasi, jadi kita ke Thailand,” jelasnya.

Menurutnya, tujuan lain ke Thailand juga menambah pengalaman atlet dan juga segi biaya jauh lebih murah ketimbang ke Pulau Jawa.

“Rencananya semua atlet berangkat. Kita cari pengalaman, untuk memperkuat fisik dan mental di PON 2024 nanti. Apalagi dari segi biaya, lebih murah ke Thailand dari pada ke Jawa,” tambah Ibrahim.

Mewakili kru podcast COPI Sumut, SR Hamonangan Panggabean dan Johny Ramadhan Silalahi, mengapresiasi kemajuan Cabor Petanque Sumut dan keseriusan Liliana memimpin FOPI Sumut selama dua periode.

“Kita yakin apa yang menjadi target FOPI Sumut di PON 2024 mudah-mudahan tercapai. Bu Lili benar-benar menunjukkan kepedulian memajukan Petanque di Sumut dan juga berprestasi,” sebut Monang yang diamini Johny. (m08)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *