Herjun Podium Tertinggi, CBR250RR Tak Terbendung

ARRC Buriram

  • Bagikan
Herjun Podium Tertinggi, CBR250RR Tak Terbendung
HERJUN Atna Firdaus (tengah) meraih podium tertinggi untuk Indonesia pada race 2 Asia Production (AP) 250 Asia Road Racing Championship (ARRC) Buriram. Waspada/Ist

BURIRAM (Waspada): Penampilan impresif Herjun Atna Firdaus tak terbendung di lintasan Chang International Circuit, Buriram, Thailand. Menungganggi CBR250RR berperforma tinggi, Herjun membuahkan hasil podium ketiga pada race 1 dan podium tertinggi untuk Indonesia pada race 2 Asia Production (AP) 250 Asia Road Racing Championship (ARRC) Buriram.

Raihan gemilang ini mengantarkan Herjun pada posisi klasemen pebalap teratas ARRC kelas AP250 sekaligus membuktikan ketangguhan CBR250RR yang kompetitif.

Sementara itu, Adenanta Putra berhasil meraih podium ketiga pada race 1 dan podium kedua pada race 2 ARRC kelas Supersport (SS) 600 dan menempatkannya di posisi klasemen kedua kelas SS600 pada Sabtu-Minggu (16-17/3).

Pada sesi kualifikasi yang dilaksanakan Sabtu pagi, Herjun menunjukkan performa terbaik dengan mencatatkan waktu 1:52:238 dan menempatkannya di posisi kedua. Catatan positif juga berhasil dicetak oleh Muhammad Kiandra Ramadhipa yang menempati posisi keempat saat kualifikasi dengan catatan waktu 1:52.812.

Sesaat setelah lampu hijau menyala di race pertama, Herjun langsung memacu CBR250RR miliknya dan berhasil memimpin balapan selama 2 lap awal. Menuju lap ketiga, persaingan sengit terjadi untuk memperebutkan posisi terdepan.

Aksi saling salip tak terhindarkan, Herjun sempat terdorong ke belakang hingga posisi kelima. Selisih waktu yang sangat tipis pada barisan terdepan membuat posisi terdepan sangat dinamis. Hal ini dimanfaatkan Ramadhipa yang beberapa kali memimpin posisi terdepan.

Perjuangan duo pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) ini berakhir dengan hasil podium ketiga yang berhasil diraih Herjun. Sedangkan Ramadhipa menyelesaikan balapan perdananya di ARRC pada posisi kelima.

Pembuktian tekad Herjun disuguhkan secara luar biasa di race 2 pada Minggu (17/3) siang. Menempati posisi start kedua, pebalap asal Pati, Jawa Tengah ini langsung tancap gas dan memimpin jalannya balapan. Herjun beberapa kali terdesak, namun berhasil mendominasi posisi terdepan hingga awal lap ke-4.

Persaingan yang begitu ketat di barisan terdepan membuat Herjun harus menahan diri terdesak hingga posisi keenam sembari mencari peluang untuk melesat ke depan. Kesempatan tersebut akhirnya muncul di lap ke-9 di mana Herjun perlahan naik posisi.

Ketangguhan performa CBR250RR disuguhkan maksimal menghantarkan Herjun melesak di posisi terdepan mendahului pebalap lain yang menggunakan kubikasi mesin lebih besar. Meski aksi saling salip terjadi, Herjun berhasil mempertahankan posisinya hingga akhirnya finish di posisi pertama. Pada balapan kedua ini, Ramadhipa harus rela menyelesaikan balapan di posisi keenam setelah beberapa kali sempat memimpin posisi terdepan.

“Saya sangat bersyukur dapat meraih podium tertinggi. Pada awal balapan, saya cukup kesulitan untuk bertarung di barisan depan dikarenakan rapatnya jarak antar pebalap yang membuat saya sempat terdesak. Namun, perlahan saya mulai membangun ritme dan berusaha tenang, hingga akhirnya saya mampu menjadi pebalap pertama yang menyentuh garis finish di race 2. Terima kasih saya ucapkan kepada AHM, keluarga dan tentunya seluruh masyarakat Indonesia yang selalu mendukung saya,” ujar Herjun.

Suguhan menegangkan juga disajikan pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) di kelas SS600. Adenanta Putra berhasil merebut podium ketiga sedangkan Rheza Danica Ahrens harus puas menyelesaikan balapan di posisi ke-6 dan Veda Ega Pratama di posisi ke-8.

Pada race kedua Minggu siang, Adenanta yang terus menempel pebalap terdepan dapat finish di posisi kedua, sementara Veda di posisi keenam dan Rheza ketujuh.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Andy Wijaya mengungkapkan bahwa balapan akhir pekan kali ini sangat menegangkan dan juga membanggakan bagi Indonesia.

“Hasil positif yang didapat para pebalap AHRT bisa menjadi modal semangat untuk terus mencetak berbagai prestasi gemilang di putaran-putaran selanjutnya. Honda akan terus mendampingi dan memberikan dukungan kepada talenta terbaik di negeri ini untuk mencapai mimpi tertinggi di dunia balap,” katanya.

Gunarko Hartoyo, Corporate and Marketing Communication Manager PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara dengan semangat Satu Hati bebangga dan mengapresiasi hasil positif yang dicetak para pebalap AHRT di putaran perdana ARRC 2024 yang membawa kebanggaan untuk Indonesia di kancah balap Asia.

Persaingan para pebalap terbaik Asia ini akan berlanjut pada 20-21 April 2024 di putaran kedua yang digelar di Zhuhai International Circuit, China. (m18)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *