BRI BO Medan Sisingamangaraja Gelar Gerakan Menanam Di Desa Sidodadi

  • Bagikan
BRI BO Medan Sisingamangaraja Gelar Gerakan Menanam Di Desa Sidodadi

MEDAN (Waspada): Bank Rakyat Indonesia Branch Office (BRI BO) Medan Sisingamangaraja melakukan acara BRI Menanam, di Desa Sidodadi, Kecamatan Biru-Biru, Kabupaten Deliserdang, pada 24 Oktober 2023 lalu.

Hal ini sebagai bentuk berkelanjutan secara konsisten dalam merealisasikan prinsip ESG, atau environmental (lingkungan), social (sosial), dan governance (tata kelola yang baik).

BRI sebagai bank yang memiliki fokus kepada segmen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), peran BRI tidak terbatas sebagai Lembaga intermediary keuangan. BRI juga memiliki fokus terhadap pemberdayaan pelaku UMKM dengan memperhatikan aspek lingkungan, sosial dan tata kelola perusahaan (LST) yang baik atau dikenal dengan prinsip implementasi Environtmental, Social dan Governance (ESG).

Manager Bisnis Mikro Branch Office BRI Medan Sisingamangaraja, Muhammad Rachmat mengatakan, BRI mengkolaborasikan pemberdayaan UMKM sebagai strategi terdepan dalam menciptakan bisnis BRI yang berkelanjutan dan memiliki visi untuk menjadi pioner dalam mengimplementasikan konsep ESG dengan pemberdayaan UMKM melalui aktivitas program BRI Menanam.

“Khusus gerakan BRI Menanam yang dilaksanakan di Desa BRILian, di Desa Sidodadi, Kecamatan Biru-Biru, Kabupaten Deliserdang, BRI melibatkan seluruh stakeholders desa dan nasabah BRI, dengan memanfaatkan lahan umum desa seperti sempa, sungai dan bahu jalan hingga pekarangan halaman rumah nasabah, menjadi lokasi tanam bibit tanaman produktif yang dibagikan BRI,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (7/11).

Ia menjelaskan, acara BRI Menanam tersebut, dihadiri Kepala Desa Rusli, Tokoh Masyarakat diwakili Hasan, Babinsa Serka Sumadi, Babinkamtibmas Aipda Adam Roy Sianturi, serta masyarakat Desa Sidodadi.

Kepala BRI Unit Delitua, Ucok H Pardosi juga menyampaikan, bahwa Implementasi BRI Menanam di Desa BRILian (Desa Binaan BRI) dilakukan dengan berkolaborasi serta melibatkan perangkat desa, figur inspiratif lokal, klaster usaha, agen Brilink, termasuk dalam hal monitoring dan keberlanjutan kegiatan BRI Menanam.

“Program BRI Menanam merupakan bagian dari implementasi konsep ESG yang dilakukan oleh BRI, terutama sebagai aksi nyata BRI merawat lingkungan dengan melibatkan pelaku usaha mitra BRI yang menjadi nasabah Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan desa-desa binaan BRI yang tergabung dalam program Desa BRILian,” katanya.

Adapun, lanjutnya, aktivitas BRI Menanam yang dilakukan oleh nasabah-nasabah dan Desa BRILian difokuskan dengan menanam tanaman keras produktif, baik yang menghasilkan buah-buahan maupun tanaman keras lainnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sidodadi, Rusli mengungkapkan rasa terima kasih kepada pihak BRI yang telah menunjuk Desa Sidodadi sebagai desa BRILian dan tempat program BRI Menanam.

“Program BRI Menanam tidak hanya dapat melestarikan lingkungan, namun juga sebagai wujud komitmen Bank BRI untuk pemberdayaan kepada masyarakat untuk menggerakan perekonomian lokal,” ujarnya. (m27)

Waspada/Ist

BRI BO Medan Sisingamangaraja saat melakukan acara BRI menanam, di Desa Sidodadi, Kecamatan Biru-Biru, Kabupaten Deliserdang, pada 24 Oktober 2023 lalu

  • Bagikan