Garuda Muda Hanya Punya 19 Pemain

  • Bagikan
Garuda Muda Hanya Punya 19 Pemain
TIMNAS Indonesia U-24 tak diperkuat striker Ramadhan Sananta di ajang SEA Games 2023. Striker Persis Solo itu tak lepas klubnya membela Garuda Muda. PSSI

HANGZHOU (Waspada): Timnas Indonesia U-24 hanya berkekuatan 19 pemain saat melawan Kirgistan pada laga perdana Grup F Asian Games 2023 di Stadion Zhejiang University East, Selasa (19/9) malam.

Pelatih Indra Sjafri memastikan anak asuhnya siap tempur. Namun, Timnas U-24 hanya berkekuatan 19 pemain dari kuota 22 pemain tiap tim.

“Pemain yang siap dan sudah ada di Huangzhou sebanyak 19 pemain, kami langsung mengadakan latihan seusai menempuh perjalanan dari Tanah Air menuju ke sini,” ucap Indra dilansir dari situs resmi PSSI, Senin (18/9).

Skuad Timnas Indonesia U-24 tidak lengkap karena Ramadhan Sananta dipastikan tidak dilepas oleh Persis Solo. Sedangkan Beckham Putra dan Kadek Arel Priyatna dinyatakan belum berangkat ke Hangzhou, China.

“Yang sakit dan cedera belum berangkat, Beckham Putra (cedera) dan Kadek Arel (sakit). Semua pemain yang 22 orang itu sudah punya id card Asian Games dan tidak bisa lagi diganti karena kita sudah mengganti sembilan pemain dari daftar yang sudah kita daftarkan di awal,” kata Indra.

Absennya ketiga pemain ini jelas mereduksi kekuatan tim Garuda Muda. Daya gedor Timnas Indonesia U-24 bahkan dipastikan jauh berkurang seiring absennya Sananta.

Timnas Indonesia U-24 memang masih memiliki Titan Agung sebagai penyerang tengah. Hanya saja dari segi performa di klub, Titan Agung kalah jauh dari Sananta.

Titan belum mencetak gol bersama Bhayangkara dari dua laga yang telah dilakoni. Pemain berusia 22 itu tercatat baru tampil selama 111 menit.

Indra Sjafri sendiri menyesalkan keputusan Persis Solo yang tidak melepas Ramadhan Sananta. “Dari hasil diskusi dan komitmen saya dengan klub, salah satunya Persis Solo, sebelumnya setuju memberikan pemain memperkuat Timnas Asian Games. Untuk Persis Solo kita panggil hanya satu pemain, yaitu Ramadhan Sananta,” ucap Indra Sjafri.

Persis lewat pernyataan resmi, Minggu (17/9), menyatakan tak bisa melepas Sananta karena krisis striker untuk mengarungi Liga 1. Persis kehilangan Irfan Jauhari yang cedera panjang usai bermain di Piala AFF U-23, Arkhan Kaka menjalani pemusatan latihan Timnas Indonesia U-17 di Jerman untuk Piala Dunia U-17 2023 dan Fernando Rodriguez harus kembali ke Spanyol karena masalah pribadi.

Indonesia sendiri belum pernah bentrok dengan Kirgistan selama perhelatan Asian Games. Kedua negara juga tidak pernah berhadapan dalam ajang lainnya untuk kategori U-23.

Namun, Indonesia dan Kirgistan dua kali bertemu dalam laga persahabatan. Itu terjadi pada 1 November 2013 di Jakarta dan 2017 di Aceh. Ini adalah laga ujicoba tim senior.

Pada 2013 pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno berakhir 4-0 untuk Indonesia. Empat gol Indonesia dicetak Zulham Zamrun (dua gol), Titus Bonai dan Achmad Jufriyanto. Adapun pada 2017 giliran Kirgistan mengalahkan Indonesia, skor 1-0. Kemenangan ini sekaligus membuat Kirgistan menjadi kampiun Aceh World Solidarity Tsunami Cup 2017. (m18/pssi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *