Kejari-PWI Sergai Gelar Pelatihan Jurnalistik

  • Bagikan
Ketua dan Sekretaris PWI Sergai Edi Saputra dan Darmawan, Pengurus PWI bersama staf Kejari Sergai usai pelatihan jurnalistik tehnik membuat berita 5W1H di aula Adhyaksa Kejari setempat di Sei Rampah, Jumat (24/11) Waspada/Ist
Ketua dan Sekretaris PWI Sergai Edi Saputra dan Darmawan, Pengurus PWI bersama staf Kejari Sergai usai pelatihan jurnalistik tehnik membuat berita 5W1H di aula Adhyaksa Kejari setempat di Sei Rampah, Jumat (24/11) Waspada/Ist

SEIRAMPAH (Waspada): Kejaksaan Negeri (Kejari) Serdangbedagai (Sergai) bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sergai menggelar pelatihan jurnalistik dengan materi Teknik Menulis Berita 5W1H, Jumat (24/11) di Aula Adhyaksa Kejari di Sei Rampah.

Pelatihan jurnalistik dibuka Kajari Sergai Mayhardy Indra Putra SH, MH diwakili Kasi Intelijen Romel Tarigan, SH dihadiri Ketua dan Sekretaris PWI Sergai Edi Saputra dan Darmawan, Anggota PWI Sergai Azwen Fadly dan Rimpun Sihombing, staf ASN dan honorer di masing-masing satuan di Kejari Sergai selaku peserta pelatihan.

Kajari Sergai melalui Kasi Intelijen Romel Tarigan, SH menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan bertujuan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) staf Kejari Sergai dalam menulis narasi berita. Sehingga ke depan, penulisan narasi terkait kegiatan-kegiatan Kejaksaan, khususnya untuk diupload di media sosial (medsos) dapat tersaji dengan lebih baik dan informatif.

Kejari-PWI Sergai Gelar Pelatihan Jurnalistik
Ketua PWI Sergai Edi Saputra selaku narasumber saat menyerahkan bingkisan kepada 3 peserta terbaik praktek menulis berita saat pelatihan jurnalistik kerjasama Kejari Sergai-PWI Sergai, Jumat (24/11) di aula Adhyaksa Kejari setempat di Sei Rampah. (Waspada/Darmawan)

“Selain itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk nyata kemitraan antara Kejari Sergai dengan PWI Sergai yang telah terjalin selama ini, ke depan kita berharap kemitraan ini dapat terus ditingkatkan”, harap Romel Harahap.

Ketua PWI Sergai Edi Saputra dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Kajari Sergai atas kemitraan yang terus terbina dengan baik hingga PWI Sergai dipercaya sebagai narasumber pelatihan Jurnalistik.

” Semoga pelatihan jurnalistik dengan materi cara membuat berita ini dapat sedikit menambah pengetahuan staf di seluruh bagian di Kejari Sergai sehingga mendukung peningkatan program kerja Kejari Sergai dalam menyajikan informasi yang berbasis jurnalistik”, pungkas Edi Saputra.

Pelatihan jurnalistik dilanjutkan dengan pemaparan materi dengan judul Tehnik Menulis Berita 5W1H (5W+1H) yakni What, When, Where, Who, Why dan How atau yang dikenal dengan istilah Adiksimba (Apa, Dimana, Kapan, Siapa, Mengapa dan Bagaimana).

Ketua PWI Sergai juga menyampaikan kesimpulan jika 6 unsur ini (5W1H) sudah terpenuhi maka berita yang kita buat telah masuk dalam berita yang lengkap serta memenuhi kaidah jurnalistik, tutupnya.

Puluhan peserta yang merupakan staf Kejari Sergai tampak antusias mendengarkan paparan yang disampaikan Ketua PWI Sergai, dan aktif melayangkan pertanyaan saat sesi tanya jawab dibuka.

Usai penyampaian paparan materi dilanjutkan dengan praktek menulis berita bagi para peserta terkait kegiatan yang dilaksanakan.

Dari hasil praktik menulis berita, narasumber Edi Saputra menetapkan 3 peserta terbaik yakni Anggi Wicita, Jesika Febriana Sembiring dan Siti Suryana Harahap, peserta terbaik menerima bingkisan dari PWI Sergai. (a15/cmw)

  • Bagikan