LPM-USU Gelar Uji Emisi Kendaraan Dukung Kampus Hijau

  • Bagikan
LPM-USU Gelar Uji Emisi Kendaraan Dukung Kampus Hijau

MEDAN (Waspada): Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Sumatera Utara (LPM-USU) melalui Fakultas Teknik bekerja sama dengan Toyota Auto 2000 Cabang Gatot Subroto menggelar uji emisi kendaraan dalam rangka mendukung kegiatan Green campus yang dilaksanakan di Perparkiran Fakultas Teknik, Jalan Almamater Kampus USU Medan, Rabu 7 November 2023.

Kegiatan yang dipimpin oleh Prodi Lingkungan USU diketuai Isra’ Suryati ST, Msi dibantu enam anggota, Sarah Patumona Manalu SKM, Msc, Ir Kartini Noor Hafni, MT, Ir Ronald Leonardo Siregar, ST, MT, Dr Eng.Ir Hafizul Khair AM ST, MT, Rahmi Utamo MT, ST, dan Dr Ir Said Muzambiq, MSi, dan Kordinator Toyota Auto 2000 Cabang Gatot Subroto Susy Puspita, ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar emisi pada kendaraan yang ada di kota Medan.

Menurut Isra’, uji emisi ini yang pertama kali digelar, namun sebelumnya pihaknya sudah  melakukan uji kualitas udara ambien, karena dari kualitas udara ambien tersebtut diperoleh parameter  CO dan HC yang tinggi berasal dari sumber transportasi.

Karena, lanjut Isra’, tingkat kesadaran pengguna kendaraan di kota Medan tentang dampak emisi terhadap lingkungan terkesan masih rendah. Sehingga pihaknya terpanggil untuk berpartisipasi melakukan uji emisi kendaraan, yang sifatnya hanya melakukan pemeriksaan. khususnya terhadap kendaraan roda empat.

Dijelaskan, untuk mengetahui tingkat emisi udara berbeda dengan kekotoran pada air yang dapat diketahui, misalnya dengan menambahkan air parit pada minuman yang terlihat ada perubahan warna.

Sedangkan kekotoran pada udara tidak semudah itu dan salah satu langkahnya adalah dengan mencari sumber penyebab terjadinya emisi, yakni pada pemeriksaan kendaraan, dan dari situ dapat diketahui apakah kendaraan tersebut telah memenuhi syarat terbebas dari emisi, sehingga layak dikendarai.

Hingga sore hari, telah tercatat puluhan kendaraan yang melakukan pemeriksaan di acara gelar pengabdian masyarakat yakni uji emisi, yang salah satu tujuannya juga untuk mendukung green campus atau kampus hijau.

Adapun pengendara yang datang memeriksakan uji emisi dilakukan dengan menyebarkan link melalui media sosial.

Isra’ berharap di masa yang akan datang kegiatan ini dapat melibatkan pihak-pihak terkait termasuk Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perhubungan Kota Medan bahkan kepolisian agar nantinya juga diberlakukan sanksi dan denda terhadap pemilik kendaraan yang melanggar emisi. (cpb)

  • Bagikan