Universitas Potensi Utama Gelar Uji Kompetensi Bahasa Inggris Bantuan Pemerintah

  • Bagikan
Universitas Potensi Utama Gelar Uji Kompetensi Bahasa Inggris Bantuan Pemerintah

MEDAN (Waspada): Universitas Potensi Utama, menjadi penyelenggara Kompetensi Bahasa Inggris Bantuan Pemerintah (BANPER UKBIG) tahun 2023 Tingkat Nasional belum lama ini.

Kegiatan digelar melalui Fakultas Ilmu Sosial dan Kependidikan (FISK) yang terus menunjukkan bukti konkrit dan kontribusinya dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang berlangsung di Aula Gedung B, Univeritas Potensi Utama diikuti 170 peserta yang berasal dari sivitas akademik UPU dan juga peserta umum.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Wakil Kependidikan mewakili Universitas Potensi Utama Ashari P Swondo, S.Pd., M.Hum, Rabu (12/12) mengatakan, UK-BIG merupakan sebuah tes Uji Kompetensi Bahasa Inggris resmi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Dirjen Vokasi bekerjasama dengan tempat uji sertifikasi kompetensi bahasa Inggris (TUKBIG) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

“Tes ini menguji empat keterampilan berbahasa Inggris secara terintegrasi yang meliputi keterampilan membaca, mendengar, menulis dan berbicara,” sebutnya.

Selain itu, uji kompetensi ini terbagi menjadi tiga Level, yaitu; Survival English (SE), English for Communication (EFC), dan Advance English Communication (ACE). Peserta tes yang lulus akan dinyatakan kompeten dan mendapatkan Sertifikat Kompetensi yang dikeluarkan dan diakui oleh pemerintah.

“Universitas Potensi Utama telah dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara UKBIG ini sejak tahun 2016 bekerjasama dengan tempat uji kompetensi bahasa Inggris (TUKBIG) CASEL,” katanya.

Sebelumnya acara ini pernah diselenggarakan pada tahun 2016, dan 2021 secara daring. Dan di tahun 2023 ini, kampus UPU kembali dipercaya sebagai penyelenggara UKBIG dan mendapatkan Bantuan Pemerintah (BANPER) sehingga seluruh peserta yang mengikuti tes ini tidak dikenakan biaya tes alias gratis.

Ashari mengharapkan agar kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan serta memotivasi mahasiswa tentang pentingnya penguasaan bahasa Inggris dan sertifikasi kompetensi.

“Jika ingin memenangkan persaingan dalam dunia kerja, mereka harus memiliki nilai tambah, salah satunya adalah dengan menguasai bahasa Inggris yang didukung oleh sertifikat kompetensi yang dapat digunakan sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) dan keperluan lainnya.” ungkapnya.

Ashari menambahkan bahwa Kegiatan ini merupakan upaya pencapaian visi Fakultas yaitu Pada tahun 2035, menjadi Fakultas yang Unggul di bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Pendidikan dan mampu berpartisipasi aktif di tingkat nasional dan internasional.

Kata dia, acara ini merupakan momentum yang tepat untuk mempererat kerjasama yang telah terjalin antara Universitas Potensi Utama dan TUK BIG Casel Islamic English School.

Sebelum pelaksanaan tes, diadakan seremoni penandatanganan perpanjangan Memorandum of Understanding (moU), Memorandum of Agreement (MoA) dan Implementation of Action (IA) oleh Bapak Ashari P Swondo, S.Pd.,M.Hum mewakili Universitas Potensi Utama dan Rocky Firmansyah mewakili TUKBIG Casel.

UK-BIG ini dihadiri dan dibuka secara langsung Rafianti Dewi, MM, selaku Ketua Lembaga Sertifikasi Kompetensi Bahasa Inggris (LSK BIG) dan sejumlah penguji yang berasal dari LSK Pusat dan TUKBIG di wilayah Sumut.

Acara dilanjutkan dengan pelaksanaan workshop yang dipandu oleh narasumber yang sangat mumpuni dalam English Assessment yaitu, Dra. Lusi Reni Intan, Rocky Firmansyah, SS dan Bapak Dr. Abdul Zebar, M.Hum.

Para narasumber mengupas tuntas tentang seluk beluk UKBIG, strategi bagaimana menghadapi tes serta tips dan trik agar dapat lulus dengan predikat kompeten di tes UKBIG ini. Acara ini dibuka secara simbolik oleh Ketua LSK BIG dengan menyerahkan soal ujian kepada Rocky Firmansyah, S.S. selaku Pimpinan Tempat Uji Kompetensi Bahasa Inggris (TUK-BIG) Casel.(m22)

Waspada/ist

Penyelenggaraan Uji Kompetensi Bahasa Inggris (UK-BIG) Tingkat Nasional Bantuan Pemerintah yang dihadiri oleh Ketua LSKBIG Pusat, Tim Penguji dari LSK BIG, dan civitas akademika Universitas Potensi Utama.

  • Bagikan