H-4 Bulan Puasa, Harga Daging Sapi Masih Normal

  • Bagikan
Salah seorang pedagang daging sapi di Pasar MMTC Medan sedang menunggu pembeli. H-4 menjelang bulan puasa Ramadhan 2023, yakni Minggu (19/3/2023) harga daging sapi masih relatif normal di harga Rp130.000 per kilogram.
Salah seorang pedagang daging sapi di Pasar MMTC Medan sedang menunggu pembeli. H-4 menjelang bulan puasa Ramadhan 2023, yakni Minggu (19/3/2023) harga daging sapi masih relatif normal di harga Rp130.000 per kilogram.

MEDAN (Waspada): Memasuki H-4 bulan puasa Ramadhan tahun 2023, harga sejumlah kebutuhan pokok di Medan masih normal. Terutama harga daging sapi yang trendnya naik menjelang bulan puasa, kini masih terpantau normal di harga Rp130.000 per kilogram.

Berdasarkan informasi dan pantauan di Pasar MMTC Jl. Willem Iskandar Medan, permintaan harga daging sapi mulai meningkat dibandingkan hari-hari biasanya. Meskipun demikian harganya masih normal di angka 130.000 per kilogram.

“Harga masih seperti biasa 130.000 per kilogram. Belum ada kenaikan. Belum tau besok-besok. Kemungkinannya sih bisa naik, karena permintaan untuk menyambut bulan puasa,” kata salah seorang pedagang daging UD Rezeky Mas Pardi, Minggu (19/3/2023).

Kalau untuk permintaan, dia mengatakan ada peningkatan dari hari-hari biasanya. “Hari ini udah mulai banyak yang beli. Biasanya rata-rata paling laku 40 kg/hari. Tapi hari ini (Minggu-red), sekitar 60 kg,” ujarnya.

Sementara itu, untuk harga beberapa kebutuhan pokok lainnya masih relatif stabil, meskipun beberapa komoditas mengalami kenaikan harga.

Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan antara lain, seperti beras, daging ayam dan bawang putih. Sedangkan harga beberapa komoditas lainnya masih stabil.

“Cabai merah 30 ribu/kg, naik dari sebelumnya sempat 25 ribu. Bawang putih juga naik di kisaran 30 ribu, seminggu yang lalu masih di kisaran 25 ribu per kg. Yang lainnya masih normal, bawang merah 28 ribu, cabai rawit 28 ribu, tomat 10 ribu,” ujar Mama Esra, pedagang di Pasar MMTC Medan.

Sementara itu, Ketua Tim Pemantau Harga Kebutuhan Pokok di Sumut, Gunawan Benjamin menyebutkan, memang harga beberapa kebutuhan pangan pokok seperti beras, daging ayam dan bawang putih mengalami kenaikan belakangan ini di Kota Medan. Sementara untuk minyak goreng, cabai merah, dan cabai rawit mengalami penurunan.

“Dari pantauan PIHPS, harga beras kualitas bawah rata-rata di Kota Medan naik 150 rupiah per Kg. Harga beras kualitas bawah saat ini dijual di kisaran 10.150 hingga 10.350 per Kg nya,” sebut Gunawan.

Sementara daging ayam saat ini dijual dikisaran 29.500 hingga 30.000 per kg, lebih mahal dibandingkan dengan harga daging ayam selama Februari akhir yang berada di kisaran 28.500 per Kg. Bahkan selama bulan Maret ini harga daging ayam sempat diperdagangkan di kisaran 31.100 per Kg nya.

Dan untuk bawang putih, saat ini dijual di kisaran rata rata 29.800 per Kg. Tren harga bawang putih sendiri mengalami kenaikan sejak September yang sempat ditransaksikan di kisaran 20 ribu per Kg nya.

Untuk sejumlah harga yang mengalami penurunan yakni cabai merah yang berada di kisaran 31.200 per Kg. Lebih murah dibandingkan dengan harga di bulan Februari yang pernah menyentuh 44 ribuan per Kg. Untuk cabai rawit harganya di Kota Medan turun dari posisi 40 ribu per Kg saat Januari, menjadi 29.200 per Kg saat ini. Dan minyak goreng curah juga mengalami penurunan dari 15 ribuan per Kg menjadi 14 ribu per Kg.

“Menjelang Ramadhan ini, permintaan atau demand kerap mengalami kenaikan. Jika selama ini kita selalu berupaya untuk memenuhi pasokan agar harganya bisa dikendalikan, tetapi sebenarnya ada cara lain yang bisa dilakukan dengan menjaga demand supaya tidak naik. Yakni dengan mengedukasi masyarakat untuk berperilaku bijak dan hemat,” ujarnya. (m31)

  • Bagikan