USU Peringkat 4 PTN Pendaftar Terbanyak Jalur SNBP Se-Indonesia

  • Bagikan
USU Peringkat 4 PTN Pendaftar Terbanyak Jalur SNBP Se-Indonesia

MEDAN (Waspada): Mengawali penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025, Universitas Sumatera Utara (USU) menerima 2.244 mahasiswa melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) Tahun 2024. Pada pengumuman tersebut, USU menempati peringkat ke-4 jumlah pendaftar terbanyak jalur SNBP se-Indonesia, yakni 31.351 orang. Di mana pada tahun sebelumnya, USU menempati posisi 7 dengan jumlah pendaftar 21.116 orang.

Data tersebut menempatkan USU dalam jajaran 20 besar PTN dengan total penerimaan peserta lulus terbanyak untuk jalur SNBP 2024.

Kabar tersebut disampaikan oleh Wakil Rektor I Universitas Sumatera Utara, Dr Edy Ikhsan, SH, MA, dalam rilis berita resmi Universitas Sumatera Utara, meneruskan informasi Pengumuman Hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi Tahun 2024 yang dikeluarkan oleh Tim Pelaksana Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiwa Baru (SNPMB) PTN 2024 Kemendikbudristek, Selasa (26/3) siang, di Jakarta.

Sementara itu, jumlah mahasiswa baru USU yang diterima melalui KIP Kuliah untuk jalur SNBP tahun 2024 berjumlah 741 orang, atau sekitar 33 persen lebih dari total mahasiswa yang diterima pada jalur ini.

Pada tahun sebelumnya, USU hanya menerima 709 orang mahasiswa baru dari jalur KIP atau 30 persen dari total mahasiswa yang diterima saat itu.

Wakil Rektor I USU menyampaikan ucapan selamat kepada para mahasiswa yang telah berhasil lulus melalui jalur SNBP 2024 dan berharap bagi peserta yang belum lulus agar tidak berkecil hati dan menyerah.

“Untuk yang belum lulus melalui jalur SNBP, jangan patah semangat. Masih bisa mencoba ikut seleksi pada jalur lain, yakni SNBT dan Mandiri. Saat ini USU sudah membuka sub panitia lokal Gunung Sitoli dan sub panlok Teluk Dalam di Nias, untuk membantu putra/i Nias mengikuti UTBK, sehingga akses ujian tidak perlu jauh-jauh ke Medan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Humas, Protokoler dan Promosi USU, Amalia Meutia, MPsi, Psikolog mengingatkan, agar mahasiswa yang diterima pada jalur SNBP tahun 2024 dapat memperhatikan tahapan penting selanjutnya. Ia menyebutkan, proses pendaftaran ulang dan melengkapi berkas menjadi hal yang jangan sampai terabaikan seluruh persyaratannya.

Pendaftaran ulang berupa pengisian data pokok dan unggah berkas dapat dilakukan secara online melalui website https://registrasi.usu.ac.id mulai tanggal 28 Maret s/d 05 April 2024.

“Kepada para mahasiswa baru yang berhasil lulus dari jalur SNBP, kami ucapkan selamat bergabung dalam keluarga besar USU. Kemudian tolong diperhatikan dengan seksama detail tahapan yang harus dilakukan selanjutnya, tenggat waktu serta syarat-syarat yang harus dipenuhi. Dicatat seluruh tanggal pentingnya, agar tidak ada yang terlewatkan. Karena jika sampai terabaikan, risikonya status kelulusan peserta dapat gugur,” kata Amalia mengingatkan.

Ia juga mengingatkan, bahwa pengisian data kelengkapan UKT dapat dilakukan setelah pengisian data pokok pada website https://registrasi.usu.ac.id difinalisasi (submit) oleh calon mahasiswa baru.

Pengisian data UKT dan unggah berkas kelengkapan UKT dapat dilakukan melalui website https://uktdatareg.usu.ac.id pada tanggal di atas. Amalia juga menegaskan, bahwa untuk peserta yang telah dinyatakan lulus SNBP 2024, SNBP 2023 dan SNMPTN 2022, tidak dapat mengikuti dan diterima pada jalur UTBK-SNBT 2024 maupun Seleksi Mandiri di PTN manapun lagi.(m19)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *