Tafakur Imam Ibnu Hibban Muhadits Masyhur Negeri Afghanistan

Oleh Dr. Tgk. H. Zulkarnain, MA.(Abu Chik Diglee)

  • Bagikan
Tafakur Imam Ibnu Hibban Muhadits Masyhur Negeri Afghanistan

Imam Ibnu Hibban atau imam Muhammad Ibnu Hibban al Bustiy (محمد ابن حبان البستى), memiliki nama lengkap Muhammad Ibnu Hibban Ibn Ahmad Ibn Hibban Ibn Mu’adz Ibn Ma’bad Ibn Sahid Ibn Hadiyyah Ibn Murrah Ibn Sa’id Ibn Yazid Ibn Murrah Ibn Zaid Ibn Abdillah Ibn Daarim Ibn Handzalah Ibn Malik Ibn Zaid Manaah Ibn Tamim al Tamimiy al Darimi al Busthiy.

Kunyahnya Abu Hatim (ابو حاتم) dan Abu Bakar (ابو بكر), Nisbahnya al Tamimiy (التميمى), al Darimiy (الدارمى), dan al Busthiy (البستى). Imam Ibnu Hibban lahir pada tahun 270 H (884 M) di kota Bustiy (sekarang bernama Lashkar Gah) – Afghanistan dan wafat pada malam Jum’at tanggal 22 bulan Syawal tahun 354 H (965 M) di Lashkar Gah – Afghanistan dalam usia 83 tahun. Imam Ibnu Hibban adalah keturunan Arab yang lahir dan besar di Afghanistan.

Selain itu, imam Ibnu Hibban seorang Muhadits masyhur, Linguis (ahli bahasa Arab), Fuqaha’ (ahli fikih), ahli Astronomi, ahli Geografi, Sejarawan, dan Thabib (ahli obat obatan). Kota tempat kelahiran imam Ibnu Hibban yang bernama Bustiy atau Bost (Boost) sekarang bernama Lashkar Gah adalah sebuah kota di wilayah Barat Daya Afghanistan dan merupakan ibu kota dari Provinsi Helmand, Kota Bustiy terletak di Distrik Lashkar Gah. Distrik Lashkar Gah berada pada titik temu Sungai Argandhab dengan sungai Helmand.

Menurut data tahun 2006, kota Lashkar Gah berpenduduk 201.546 jiwa. Kota Bustiy atau Lashkar Gah dihubungkan oleh jalan utama antara kota Kandahar di sebelah Timur, kota Zarani yang berbatasan dengan Iran di sebelah Barat, dan kota Farah di sebelah Barat Laut.

Kota Bustiy atau Lashkar Gah sebahagian besar daerahnya gersang dan terpencil, sedangkan daerah pertanian yang subur hanya terletak di sekitar sungai Helmand dan Arghandab. Bandar udara kota Bustiy atau Lashkar Gah terletak di wilayah tepi Barat sungai Helmand atau sekitar lima mil (8,0 km) dari titik pertemuan sungai Helmand dan sungai Arghandab.

Kota Bustiy terkenal dengan tamannya yang bernama taman Mirwan Nika yang indah, rapih dan menghampar hijau sejauh mata memandang. Pengembaraan keilmuan imam Ibnu hibban meliputi banyak tempat dan negara seperti Sijistan, Harah, Marwa, Sinj, Sughand, Tasyiqandi (Syasy), Bukhara, Nasa’, Nisabur, Arghayan, Jurjan, Tehran, Karju, Askar, Mukram, Ahwaz, Bashrah, Baghdad, Kufah, Mosul, Nashibin, Raqqah, Antakhiyah, Tharthus, Hims, Damaskus, Beirut, Shaida, Ramalah, Baitul Maqdis, Nesir, dan lain lainnya.

Menurut imam al Dzahabi imam Ibnu Hibban menjelajahi kurang lebih 40 kota di berbagai tempat dan negara dan ada kurang lebih 2000 orang guru pernah ditemuinya.

Di antara para gurunya tersebut adalah Abu Ya’la Ahmad Ibn Ali Ibn Mutsanna al Maushul, Hasan Ibn Sufyan al Syaibani, Abu Khalifah Fadhl Ibn Hubab al Jurmahi al Bashri, Abu Muhammad Abdillah Ibn Muhanmad al azdi, Abu Abbas Muhammad Ibn Hasan al Asqalani, Abu Gafs Umar Ibn Muhammad al Hamdani, Abu Muhammad Abdullah Ibn Muhammad Ibn Salam al Maqdisi al Firyabi, Abu Bakar Muhammad Ibn Ishaq Ibn Khuzaimah al Naisaburi, Abu Bakar Umar Ibn Sa’ad Ibn Ahmad Ibn Sa’ad al Tha’i, Abu Ishaq Imran Ibn Musa Ibn Mujasyi’ al Jurjani, Muhammad Ibn Ishaq Abu Abbas al Sarraj al Khurasani, Abu Arubah Husein Ibn Muhamnad al Hawwani, Husein Ibn Idris Ibn Mubarak Abu Ali al Anshari, Abu Abdillah Muhammad Ibn Abdurrahman al Harawi, Abu Ja’far Muhammad Ibn Ahmad Ibn Nasawi al Rayani, Abu Ali Husein Ibn Abdullah Ibn Yazid al Qathan al Raqqi, Husein Muhammad Ibn Abdullah Ibn Junaid al Razi, Abdan Abdullah Ibn Ahmad Ibn Musa Ibn Ziyad al Jawaliqi al Ahwazi, Abu Ja’far Ahmad Ibn Yahya Ibn Zuhair al Tusturi, Abu Abdillah Ahmad Ibn Husein Ibn Abdul Jabbar Ibn Rasyid al Baghdadi, Ishaq Ibn Ibrahim Ibn Ismail al Bustiy, dan lain-lainnya.

Adapun murid-muridnya adalah Abu Abdullah al Hakim al Naisaburi penulis kitab al Mustadrak Ala al Shahihain, Abu Abdullah Muhammad Ibn Abi Ya’kub Ishaq Ibn Muhammad Ibn Yahya Ibn Mandah Abdi al Ashfahani penulis kitab Ma’rifah al Shahabah, Abu Hasan Ali Ibn Umar Ibn Ahmad Ibn Mahdi al Daraquthni penulis kitab al Sunan al ‘Illal, Abu Ali Manshur Ibn Abdullah Ibn Khalid Ibn Ahmad al Dzuhali al Khalidi al Harawi, Abu Umar Muhammad Ibn Ahmad Ibn Sulaiman Ibn Ghaitsah al Nuqati, Abu Hasan Muhammad Ibn Ahmad Ibn Muhammad Ibn Harus al Zauzani, dan lain-lainnya.

Di samping itu, imam Ibnu Hibban juga pernah menjabat sebagai qadhi di beberapa tempat misalnya di Nasa’ dan Samarkand. Hal itu merupakan indikasi yang kuat bahwa di samping Muhadits yang masyhur, imam Ibnu Hibban adalah fuqaha’ besar dari madzhab Syafi’i.

Sedangkan beberapa karya besar imam Ibnu Hibban adalah kitab al Taqsim wa al Anwa’, al Hidayah Ila al Ilmi al Sunan, ‘Ilal Auham al Tawarikh, ‘Ilal Hadits al Zuhri, ‘Ilal Hadits Malik, Ma Khalafa Fiqh al Tsauri Syu’bah, Ma Infarada Fiihi Ahlu al Madinah Min al Sunan, Ma Infarada Fiihi Ahlu Makkah Min al Sunan, Ma ‘Inda Syu’bah ‘An Qatadah Wa Laisa ‘Inda Sa’id ‘An Qatadah, Ghara’ib al Akhbar, Ma Aghraba al Kufiyun ‘An al Bashriyin, Kuna Man Yu’raf Bi al Asami, al Tamyiz Baina Hadis Nadhar al Huddani Wa Nadhar al Khazzaz, al Jam’u Baina al Akhbar al Mutadhaddah, al Fashlu Baina Al Naqalah, al Tsiqaat, Ma’rifah al Majruhin Min al Muhaditsin Wa Dhu’afa’ Wa al Matrukin, Masyahir Ulama’ al Amshar, Raudhah al ‘Uqala’ Wa Nuzhah al Fudhala’.

Kitab terbesar karya imam Ibnu Hibban adalah kitab al Taqasim Wa al Anwa’ atau lengkapnya al Musnad al Shahih ‘Ala al Taqasim Wa al Anwa’ Min Ghairi Wujud Qathin Min Sanadiha Wa La Tsubut Jarhin Fi Naqiliha (Musnad yang shahih berdasarkan pembagian-pembagian dan jenis-jenis tanpa ada keterputusan dalam sanadnya dan tanpa tetapnya cacat pada orang-orang yang meriwayatkannya), dikemudian hari kitab karya monumental imam Ibnu Hibban ini lebih dikenal dengan sebutan kitab Shahih Ibnu Hibban yang terdiri atas 8 Jilid.

Kegigihan imam Ibnu Hibban dalam mencari dan menyebarkan ilmu sangat mengagumkan. Jarak tempuh ribuan kilo meter dari perjalanannya mengindikasikan dengan jelas atas semangat keilmuan yang dimiliki oleh imam Ibnu Hibban.

Semangat itu terlihat dalam keterangan hadis yang beliau riwayatkan berikut ini :
اخبرنا اسحاق ابن ابراهيم ابن اسماعيل ببست و الحسن ابن سفيان الشيباني بنساء و محمد ابن العباس المزني بجرجان و عمر ابن محمد ابن بحر الهمداني بصغد و محمد ابن المعافي ابن ابي حنظلة بصيدا و محمد ابن الحسن ابن قتيبة اللحمي بعسقلان و عبد الله ابن سلم ببيت المقدس و عمر ابن سعيد ابن سنان الطاءي بمنبج و الحسين ابن عبد الله ابن يزيد القطان با لرقة و محمد ابن احمد اين عبيد ابن فياض بدمشق في اخرين قالوا حدثنا هشام ابن خالد الازرق قال حدثنا الوليد ابن مسلم عن ابن جابرعن اسماعيل ابن عبيد الله ابن ابي المهاجر عن ام الدرداء عن ابي الدرداء قال قال رسول الله ص ان الرزق ليطلب العبد كما يطلبه اجله

Artinya, Telah mengabarkan kepada kami (Ibnu Hibban) Ishaq Ibn Ibrahim Ibn Ismail di Bustiy dan al Hasan Ibn Sufyan al Syaibaniy di Nasa’…..dari Abi Darda’ ia berkata telah bersabda Rasulullah Saw: “Sesungguhnya rezeki itu sungguh mencari seorang hamba sebagaimana ajalnya mencari dirinya.”

Di dalam hadis riwayat imam Ibnu Hibban di atas ada 10 rangkaian mata rantai sanad yang merupakan guru-guru dimana imam Ibnu Hibban mengambil hadis dari mereka dan tempat tinggal para guru itu berbeda-beda dan berjauhan satu sama lain.

Sementara, imam Ibnu Hibban melakukan perjalanan yang sangat jauh kurang lebih 6.204 km dimulai dari tempat Ishaq Ibrahim di Bustiy kemudian ke tempat al Hasan Ibn Sufyan di kota Nasa’ dilanjutkan ke tempat Muhammad Ibn al Abbas di kota Jurjan ke tempat Umar Ibn Muhammad di kota Shughdu dilanjutkan ke tempat Muhammad Ibn al Mu’afi di kota Shayda dilanjutkan ke tempat Muhammad Ibn al Hasan al Lakhmi di kota Asqalan dilanjutkan ke tempat Abdullah Ibn Salam di Baitul Maqdis, dilanjutkan ke tempat Umar Ibn Sa’id di Manbaj, dilanjutkan ke tempat Husein Ibn Abdillah di Raqqah, dan terakhir dilanjutkan ke tempat Muhammad Ibn Ahmad di Damaskus.

Demikianlah gambaran tentang betapa gigihnya para ulama di masa yang lampau dalam menghimpun, menelusuri, dan mengkaji hadis serta berbagai ilmu lainnya.

Semoga generasi Muslim era kekinian dapat menjadikan semua kebaikan ulama terdahulu tersebut sebagai penyemangat dalam bidang keilmuan dan selalu mendo’akan agar para ulama shalih di masa yang lalu tersebut, senantiasa mendapatkan berkah yang tiada putus atas ilmu mereka yang telah diajarkan kepada umat. Wallahu’alam. WASPADA

Penulis adalah Dosen Hadits Ahkam dan Hukum Keluarga Islam di Asia Tenggara Pascasarjana IAIN Langsa

  • Bagikan