Genjot Ekspor, LPEI Pererat Kerja Sama Dengan BRI, BTN Dan BCA

  • Bagikan
Genjot Ekspor, LPEI Pererat Kerja Sama Dengan BRI, BTN Dan BCA
Ekspor Indonesia/ist

JAKARTA (Waspada): Guna menggenjot pertumbuhan ekspor Indonesia, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank mempererat jalinan kerja sama dengan pimpinan Bank PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), PT Bank Tabungan Negara (BTN), dan PT Bank Central Asia (BCA).

LPEI menjelaskan langkah-langkah transformasi keberlanjutan yang dimulai pada 2020, di antaranya pembaruan jenis bisnis dengan penguatan kerja sama ekosistem ekspor, tata kelola, infrastruktur, serta sumber daya manusia (SDM). LPEI bertemu dengan masing-masing pimpinan bank nasional, terdiri dari BRI, BTN dan BCA di Jakarta, Rabu (27/3/2024).

Petinggi bank nasional dan LPEI membicarakan sinergi yang bertujuan menguatkan Usaha Kecil Menengah (UKM) maupun korporasi di Indonesia yang terjun dalam kegiatan ekspor.

Direktur Eksekutif LPEI Riyani Tirtoso menyampaikan pertemuan dengan jajaran bank nasional dan internasional merupakan strategi yang berguna untuk mendorong pertumbuhan ekspor dan menggerakkan perekonomian Indonesia.

“Sebagai mitra strategis bagi LPEI, pertemuan dengan jajaran pimpinan bank nasional dan internasional menjadi langkah yang positif untuk memperkuat kolaborasi bisnis yang lebih produktif, mendukung pertumbuhan ekspor masa depan, dan menjadi salah satu penggerak roda perekonomian di Indonesia,” ujar Riyani Tirtoso di kutip dari siaran pers, Kamis (28/3/2024), di Jakarta.

Dia mengatakan komitmen LPEI untuk memberikan pembiayaan kepada sektor tertentu dengan daya ungkit dan dampak pembangunan terhadap ekspor, penghasilan dan perluasan lapangan pekerjaan, serta konsisten menjalankan amanat dari pemerintah guna memajukan ekspor dan daya saing produk.

Riyani menyampaikan LPEI merupakan lembaga keuangan khusus negara yang bertanggung jawab secara penuh dalam tata kelola perusahaan yang baik, berintegritas, dan menjalankan kebijakan zero tolerance terhadap korupsi serta perbuatan yang melanggar hukum.

Direktur Utama PT BRI Sunarso menyampaikan pihaknya akan terus memberikan dukungan serta menjalin hubungan yang erat dengan LPEI.

“Kami mendukung LPEI untuk mengambil langkah penyehatan portofolio bisnis, serta melakukan transformasi yang berfokus pada pengembalian fungsi LPEI sebagai government agency dengan penerapan good corporate governance [GCG]”, ujar Sunarso.

Sementara Dirut PT BTN Nixon LP Napitupulu menegaskan, hubungan kerja sama BTN dengan LPEI akan terus dikembangkan supaya bisa memajukan serta memperluas ekosistem ekspor sehingga mampu meningkatkan perekonomian Indonesia.

“BTN confident, BTN dan LPEI akan terus melanjutkan kerjasama yang telah terjalin cukup lama,” ujar Nixon. (J03)

  • Bagikan