Martin Tertekan Jadi Pesaing Bagnaia

  • Bagikan

BURIRAM (Waspada): Pebalap Pramac Jorge Martin mengaku merasa tertekan menjadi pesaing utama Francesco Bagnaia dalam perburuan gelar juara MotoGP 2023 usai memenangi MotoGP Thailand 2023.

Jorge Martin memperkecil jarak ketinggalan dengan Pecco Bagnaia. Setelah menang MotoGP Thailand di Sirkuit Buriram, Minggu (29/10), selisih poin kedua pebalap hanya 13 angka.

Bagnaia kini mengoleksi 389 poin, sedangkan Marti memiliki 376 poin. Posisi ketiga masih milik Marco Bezzecchi, sedangkan peringkat keempat ada Brad Binder yang menggeser Aleix Espargaro.

Saat ini Jorge Martin mulai merasakan tekanan. Dengan jarak 13 angka dan tiga seri tersisa ditambah Sprint Race, peluang Martin juara masih terbuka. “Saya akui saya sudah merasakan tekanan,” ujar Martin.

MotoGP Thailand 2023 jadi pekan yang indah untuk pebalap asal Madrid tersebut. Tidak saja menang Sprint Race, Martin juga menang balapan utama. Namun Martin mengatakan tidak menikmati kemenangan Sprint Race karena tekanan tersebut.

“Sebenarnya kemarin, setelah menang, saya sama sekali tidak menikmati itu, saya sangat fokus pada balapan hari ini,” tutur Martin.

“Saya tidak bisa menikmati momen ini, saya belum tidur dan memikirkan hari berikutnya,” ucap Martin menambahkan.

Jorge Martin menang MotoGP Thailand 2023 dengan mengalahkan Francesco Bagnaia dan Brad Binder dalam duel dramatis di Sirkuit Chang, Buriram, Minggu (29/10).

Martin kembali menunjukkan start yang bagus dengan memimpin dari pole hingga tikungan pertama. Pebalap Pramac Ducati itu berhasil unggul atas Aleix Espargaro, Luca Marini dan Brad Binder di awal balapan.

Sementara Bagnaia kesulitan di dua lap awal. Pecco mendapat tekanan dari Marc Marquez dalam perebutan posisi keenam. Pembalap Ducati itu baru bisa keluar dari tekanan Marquez di lap ketujuh.

Bagnaia kemudian naik ke posisi empat pada lap 10 dengan menyalip Luca Marini. Posisi Pecco kembali ke peringkat ketiga setelah Alex Marquez terjatuh di tikungan sepuluh pada lap ke-14.

Duel sengit kemudian terjadi antara Martin vs Binder vs Bagnaia di lima lap terakhir balapan. Setelah sempat berubah posisi satu kali, Binder akhirnya memastikan posisi terdepan dengan menyalip Martin di lap ke-24.

Martin tidak menyerah begitu saja. Dua lap terakhir, Martin sukses menyalip Binder dari sisi dalam. Bagnaia sempat melakukan manuver luar biasa untuk menyalip Binder sekaligus Martin di tikungan 10 dan 11, tapi usaha gagal memasuki tikungan terakhir.

Martin tampil sempurna di lap terakhir dengan menahan keunggulan atas Binder dan Bagnaia. Martin akhirnya menang dengan catatan waktu 39 menit 40,045 detik, unggul 0,114 detik atas Binder.

Usai balapan Binder dinyatakan terkena hukuman turun satu posisi karena melindas track limit di lap terakhir. Dengan begitu Bagnaia dipastikan mendapat ‘hadiah’ finis kedua di MotoGP Thailand 2023.

MotoGP 2023 mendekati akhir musim. Setelah MotoGP Thailand, balapan akan rehat selama dua pekan untuk memasuki seri ke-18 di MotoGP Malaysia 2023 di Sirkuit Sepang, 10-12 November.

Balapan akan dilanjutkan ke MotoGP Qatar pada 19 November, dan ditutup dengan MotoGP Valencia 2023 pada 26 November. (m18/mgp)

Klasemen MotoGP 2023:

Francesco Bagnaia      389

Jorge Martin                376

Marco Bezzecchi         310

Brad Binder                249

Aleix Espargaro          201

Johann Zarco               194

Maverick Vinales        170

Luca Marini                 163

Jack Miller                   144

Fabio Quartararo         144

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *