Kemendikbudristek Dukung Kampanye #SerunyaBelajar di TikTok

Wujudkan Transformasi Pendidikan Berbasis Digital

  • Bagikan
Kemendikbudristek Dukung Kampanye #SerunyaBelajar di TikTok

JAKARTA (Waspada): Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bekerja sama dengan aplikasi Tik Tok untuk mewujudkan proses belajar yang seru, sekaligus menginspirasi. Hal ini sejalan dengan salah satu visi besar Pendidikan Indonesia tahun 2035, yakni membangun rakyat Indonesia menjadi pembelajar seumur hidup yang unggul dan terus berkembang.

“Generasi muda membutuhkan wadah melalui sistem pembelajaran yang dapat mendukung potensi, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis,” ujar Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Sekretariat Jenderal, Kemendikbudristek, Anang Ristanto dalam konferensi pers kampanye #SerunyaBelajar, Senin (24/10/2022).

Dikatakan Anang, program Merdeka Belajar dapat mendukung semua transformasi di sektor pendidikan yang didukung dengan pemanfaatan teknologi digital.

“Melalui program #SerunyaBelajar yang diadakan oleh TikTok ini, kami berharap wadah tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh generasi muda untuk menggali potensi diri, tidak hanya di bidang akademik, namun juga kemampuan literasi digital yang baik,” imbuh Anang.

“Kampanye #SerunyaBelajar edisi terbaru yang mengusung semangat Hari Sumpah pemuda yang kental akan persatuan untuk membawa perubahan positif, diharapkan dapat memperkuat semangat belajar mengenai topik apa pun dan di mana pun,” sambung Anang.

Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia, Faris Mufid mengatakan, kategori konten edukasi di bawah tagar #SerunyaBelajar terus meningkat di TikTok dan telah memiliki 11 miliar views. Hal ini menunjukkan adanya semangat belajar yang terus tumbuh di antara komunitas TikTok.

“Di TikTok, kami melihat bahwa belajar merupakan kegiatan yang dapat dilakukan dengan cara menyenangkan, mulai dari belajar hal-hal akademik maupun non-akademik, sehingga generasi muda dapat terus menjadi agen perubahan dan penggerak sektor kreatif di Indonesia. Untuk mendukung hal tersebut, di kampanye #SerunyaBelajar kali ini, kami pun fokus untuk mengajak komunitas, khususnya generasi muda, untuk terus berkembang bersama,” ujar Faris.

Kampanye #SerunyaBelajar terbaru menghadirkan rangkaian kegiatan seru untuk mendukung dan memberdayakan komunitas dalam menghasilkan karya kreatif dan positif di Indonesia.

Sejumlah kegiatan menarik dalam kampanye #SerunyaBelajar diantaranya adalah kompetisi atau hashtag challenge bagi pengguna TikTok berusia minimal 18 tahun untuk berbagi konten edukasi, termasuk edukasi terkait food, kecantikan dan fesyen, olahraga, game dan lainny

Kegiatan lainnya adalah Bootcamp #SerunyaBelajar.  Bootcamp ini diisi pelatihan intensif untuk 100 kreator terbaik pemenang kompetisi #SerunyaBelajar yang akan diukumkan pada 19 November 2022 mendatang.

Pelatihan ini akan diisi oleh sejumlah profesional diharapkan dapat membantu para kreator memaksimalkan platform digital untuk memberikan konten edukasi  yang kreatif dan bermanfaat bagi Indonesia.

Lantas ada juga   TikTok LIVE yakni sesi diskusi bersama para pakar, acara memasak, hingga diskusi terkait fesyen dan kecantikan dari kreator TikTok.

Selanjutnya adalah Festival #SerunyaBelajar. Festival dengan berbagai kegiatan seru, diantaranya eksperimen sains dan DIY, sesi sharing dan diskusi bersama top kreator TikTok, hingga penampilan musik dari berbagai musisi yang akan diselenggarakan secara luring pada tanggal 19 November 2022 dan terbuka untuk umum. 

Faris mengatakan, untuk menyebarluaskan semangat belajar para kaum muda ini, TikTok juga mengajak penyanyi, aktris, penggiat edukasi serta campaign ambassador dari #SerunyaBelajar, Mikha Tambayong.

Platform Sekolah.mu yang didirikan oleh praktisi pendidikan Najeela Shihab juga ikut serta.

Kerja sama lain juga dilakukan dengan kreator Putih Abu-Abu dalam peluncuran lagu berjudul “Serunya Belajar” sebagai jingle resmi kampanye #SerunyaBelajar. Tujuannya ikut menyebarkan semangat Sumpah Pemuda kepada komunitas muda TikTok dalam menghidupkan semangat belajar menjadi lebih seru di TikTok. 

Duta Kampanye #SerunyaBelajar yang merupakan aktris dan penyanyi muda Mikha Tambayong menyadari bahwa transformasi digital di era sekarang telah banyak membantunya belajar dan memperluas cakrawala sebagai generasi muda.

Selaras dengan momentum Sumpah Pemuda, sebagai generasi muda dapat membawa perubahan positif. Misalnya dengan meningkatkan pendidikan dan literasi digital, serta mendorong semua orang untuk selalu belajar karena belajar tidak selalu harus terkait dengan bidang akademik, tetapi kita dapat belajar dari apa saja dan di mana saja, termasuk di TikTok.

“Oleh karena itu, hadirnya kampanye #SerunyaBelajar ini saya harap dapat menjadikan generasi penerus bangsa Indonesia lebih berkualitas dan berdaya saing dalam menghadapi globalisasi,” ujar Mikha.

 Radinka Qiera, Chief Operating Officer, Sekolah.mu  menambahkan,
semenjak pandemi COVID-19, teknologi telah menjadi alat bantu untuk mengakselerasi pendidikan di Tanah Air. Sekolah.mu menyambut baik kolaborasi bersama TikTok untuk berinovasi melalui transformasi digital melalui pembelajaran yang seru dengan cara yang kreatif.

“Melalui kampanye #SerunyaBelajar, kami berharap bisa mendorong semangat anak muda untuk membawa perubahan ke arah digital di bidang pendidikan bersifat jangka panjang,” pungkasnya. (J02)

  • Bagikan