Menabung di Bank Masih Jadi Pilihan Utama, Ini Sebabnya!

- Tips
  • Bagikan
Menabung di Bank Masih Jadi Pilihan Utama, Ini Sebabnya!

JAKARTA (Waspada):  Sebuah riset bertajuk ‘Preferensi Menabung Masyarakat’ yang dilakukan Bank Danamon Indonesia menemukan fakta menarik bahwa menabung masih menjadi pilihan utama masyarakat untuk menjaga stabilitas finansial. Periset menyoroti tiga generasi produktif saat ini yaitu Gen X yakni generasi yang lahir pada era tahun 1965-1980 (sekarang berusia 40-55 tahun), Gen Y atau Milenial yaitu generasi lahir pada tahun 1981-1996 (saat ini berusia 24-39 tahun, dan Gen Z,  generasi lahir pada tahun 1997-2012 dan sekarang yang berusia 8-23 tahun.

Berdasarkan riset Danamon bersama Jakpat yang menyoroti ernyata  masih menganggap menabung sebagai sesuatu yang penting dan menarik. Apa saja fakta menarik dari hasil riset tersebut?

Berdasarkan hasil riset tersebut, 67 persen Gen X, 64 persen Gen Y, dan 79 persen Gen Z percaya  akan pentingnya menabung karena dapat membantu mewujudkan rencana finansial mereka.

Sebanyak 74 persen responden membuka tabungan untuk dana darurat. Hal ini menunjukkan kesadaran akan pentingnya persiapan finansial di saat mendesak.

Lantas ada 71 persen responden membuka tabungan simpanan masa depan, sebagai bentuk perencanaan finansial jangka panjang untuk kebutuhan di masa depan.

Dan yang juga penting, 84 persen responden memilih bank sebagai tempat menabung. Namun, sekitar 22 persen responden masih bingung memilih tempat menabung yang sesuai kebutuhan. Hal itu menunjukkan kurangnya informasi mengenai pilihan produk tabungan masih kurang didapat oleh masyarakat.

Masyarakat ternyata juga masih konsisten dan disiplin menabung. Pasalnya, 59 persen responden menghemat pengeluaran sebagai usaha menabung. Lalu 56 persen responden menyisihkan uang secara konsisten, menandakan disiplin dalam mengelola keuangan.

Di sisi lain, minat tinggi pada program undian berhadiah juga tinggi. Sebanyak 85 persen responden tertarik dengan program undian berhadiah melalui tabungan.
Sebanyak 76 persen responden termotivasi menabung karena program undian berhadiah.

Dari data itu, Danamon dorong motivasi menabung dengan ragam program dan produk tabungan

Temuan riset tersebut sejalan dengan upaya Danamon untuk menghadirkan kembali program Danamon Hadiah Beruntun untuk kedua kalinya sebagai solusi menarik bagi para nasabah serta calon nasabah baru untuk meningkatkan disiplin mereka dalam usaha menabung. Program ini mendorong motivasi masyarakat untuk terus menabung karena memberikan peluang memenangkan hadiah-hadiah menarik secara berulang.

“Sebanyak 71 persen responden menyatakan sangat berminat untuk menambahkan jumlah uang yang mereka tabung ketika mengikuti program ini. Bahkan, 72 persen responden menganggap uang tunai berupa saldo tabungan, seperti cashback, sebagai hadiah yang paling masuk akal untuk dimenangkan. Jadi, kami percaya bahwa Danamon Hadiah Beruntun ini menjadi insentif tambahan bagi masyarakat yang memang sudah punya minat dan niat untuk menabung. Kami harap, program ini dapat membantu masyarakat memegang kendali atas tujuan dan kebutuhan finansial mereka, baik melalui pengelolaan keuangan yang lebih baik maupun dengan berbagai hadiah yang semakin banyak dan semakin mudah untuk dimenangkan,” ujar Ivan Jaya selaku Consumer Funding & Wealth Business Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Selasa (12/12/2023).

Sementara itu, riset ini juga menunjukkan  bahwa 43 persen responden memilih mobil dan motor sebagai hadiah yang menarik. Hasil ini menunjukkan bahwa hadiah non-moneter tetap memiliki daya tarik signifikan. Temuan preferensi hadiah berupa cashback dan kendaraan bermotor ini mendukung hasil riset sebelumnya mengenai Danamon Hadiah Beruntun yang dilakukan Danamon bersama lembaga riset independen lainnya, sehingga membuktikan bahwa Danamon Hadiah Beruntun bisa menjadi program yang tepat untuk meningkatkan motivasi masyarakat dalam hal menabung.(J02)

  • Bagikan