Mendadak, Pj Bupati Mutasi Puluhan Pejabat Malam Hari, Ini Namanya

Pj Tegaskan ASN Jangan Politik

  • Bagikan

NAGAN RAYA (Waspada): Puluhan pejabat administrator, pengawas dan pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya, Provinsi Aceh dilantik dan diambil sumpah atau janji jabatan di Aula Pendopo Bupati, Kompleks Perkantoran Suka Makmue, Kamis (19/10) malam.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan serta penyematan tanda pangkat langsung dilakukan Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP, S.Sos., M.Si, yang didampingi Sekretaris Daerah Ir. H. Ardi Martha dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Amran Yunus, S.P., MT.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Fitriany menyebutkan, sebanyak 48 orang pejabat yang dilantik terdiri dari 11 orang pejabat eselon lll.a, 11 orang pejabat eselon lll.b, 18 orang pejabat eselon IV.a, 6 orang pejabat eselon IV.b, dan 2 orang pejabat fungsional.

Mutasi dan rotasi pejabat pada jabatannya yang dilakukan tersebut merupakan bagian dari upaya mengembangkan karier dan profesionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam ruang lingkup Pemkab Nagan Raya.

“Upaya ini juga dalam rangka penyegaran untuk meningkatkan kinerja organisasi yang berdampak pada mendukung pembangunan berkelanjutan menuju Kabupaten Nagan Raya yang makmur, adil dan sejahtera,” ujar Fitriany.

Mendadak, Pj Bupati Mutasi Puluhan Pejabat Malam Hari, Ini Namanya

Pj  Bupati Fitriany mengingatkan bahwa tantangan kerja ke depan akan semakin berat sehingga perlu meningkatkan pengetahuan serta kompetensi di bidang masing-masing.

“Tingkatkan kreativitas dan ciptakan inovasi dalam menjawab tantangan zaman, mudah-mudahan dalam hal ini dapat menjadi motivasi ke depan, untuk senantiasa meningkatkan kompetensi diri dalam melaksanakan tugas,” ingatnya.

Fitriany menekankan supaya ASN dapat menjadi multi peran dalam melaksanakan tugasnya. Karena selain dianggap berperan sebagai manajer, para pejabat juga sebagai pemimpin yang baik dalam melayani, mengayomi dan menjadi agen perubahan.

Fitriany menuturkan, sebagai pejabat yang telah diberikan kepercayaan dan amanah, hendaknya untuk memperhatikan beberapa hal penting yang harus dimiliki oleh setiap ASN. 

“Di antaranya, yang pertama  harus memiliki kemampuan untuk menyebarkan kebijakan pimpinan, kedua harus memiliki konsep wawasan yang luas, ketiga memiliki produktivitas dan kedisiplinan kerja yang disertai tindakan yang memiliki landasan hukum, responsif pada setiap perkembangan dan pelayanan masyarakat dan mampu berkoordinasi dengan atasan, rekan sejawat, bawahan maupun penerima layanan/masyarakat umum,” terangnya.

Ia menambahkan, koordinasi dan sinkronisasi program antar instansi harus menjadi perhatian perangkat daerah supaya tidak bekerja sendiri-sendiri, hilangkan ego sektoral, sikap ingin menonjol sendiri dan sikap-sikap ego lainnya, kompetisi untuk mencapai prestasi itu perlu.

“Tetapi tetap dalam konteks fastabiqul khairat terpacu dalam kebaikan dengan tetap berpegang teguh pada ketentuan dan regulasi serta tata nilai atau norma yang berlaku,” tambah Fitriany. 

Di sisi lain, terkait dengan pemilu serentak tahun 2024, Pj Bupati menegaskan agar ASN tidak melakukan politik praktis, tetap berlaku netral. Apabila terbukti melanggar, maka para ASN yang bersangkutan akan dikenakan sanksi sebagaimana ketentuan yang berlaku.

Fitriany Farhas mengajak Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk bersama-sama menekan laju inflasi, menekan kenaikan angka stunting dan menanggulangi angka kemiskinan ekstrem,”

Pejabat yang di mutasi di antaranya, Rizki Hidayatullah, S.STP., M.Tr.I.P sebagai Camat Seunagan menggantikan Saiful Bahri, S.H. yang sebelumnya telah dilantik sebagai Kepala Satpol PP-WH, Muhammad Idris, S.P. sebagai Sekretaris Kecamatan Darul Makmur, Indra Herawan, S.I.P., M.Si sebagai Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik, Suhairi, M.Si sebagai Sekretaris pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Selanjutnya Said Nazaruddin PJ, S.Sos, M.Si sebagai Kepala Bidang Hak Atas Tanah pada Dinas Pertanahan, Arafik, S.Sos.I., MPA sebagai Sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Dedi Syahputra, S.H. sebagai Kepala Bagian Pemerintahan Setdakab Nagan Raya, Yuliana Yatim, S.Hut sebagai Sekretaris Dinas Pertanahan serta Edi Tamrin, ST sebagai Sekretaris Kecamatan Kuala.(b22)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *